Mohon tunggu...
Reza Ashari
Reza Ashari Mohon Tunggu... Pribadi

“Read a thousand books, and your words will flow like a river" (Lisa See) asharireza29@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Digital

Data adalah New Oil dan Masa Depan

30 September 2020   10:48 Diperbarui: 30 September 2020   10:56 61 1 0 Mohon Tunggu...

Data merupakan catatan atau kumpulan fakta yang berasal dari berbagai sumber dan dianalisis. Presiden Jokowi mengatakan data is 'new oil' istilah yang bermakna bahwa data ini sangat berharga dibandingkan dengan minyak dan termasuk kekayaan baru. Data ini berperan sangat penting dan merupakan kunci utama dalam pembangunan suatu negara.

Perencanaan yang efektif harus berdasarkan data yang telah dilakukan analisis berdasarkan pencapaian pada tahun sebelumnya. Dengan adanya data,maka dapat diprediksi dan ditentukan mana program yang menjadi prioritas pada tahun berjalan.

Pernyataan Presiden Jokowi ini menjadi suatu kode agar pemerintah dapat memperhatikan data dan membuat suatu penyimpanan data yang lebih baik. Tantangan dalam penyimpanan data ini adalah proteksi data,pusat penyimpanan data dan akses terhadap data tersebut. 

Pada era digital,inovasi dan teknologi data berperan penting agar masyarakat dapat mengetahui pencapaian program yang telah dilakukan oleh pemerintah. Untuk itu,perlu adanya kolaborasi dan komitmen bersama antar stakeholder agar data dapat tersedia dan dipertanggungjawabkan. Dengan kualitas data yang baik maka penyataan Presiden Jokowi tentang data adalah new oil menjadi kenyataan

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x