Mohon tunggu...
Nakita Sahallisa Noor Sabila
Nakita Sahallisa Noor Sabila Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 20107030118

jangan baca chat mantan, baca artikelku saja

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Artikel Utama

Sebelum "Nge-Judge" Orang Lain, Ingatlah Bahwa...

11 April 2021   12:15 Diperbarui: 17 April 2021   03:46 455 10 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sebelum "Nge-Judge" Orang Lain, Ingatlah Bahwa...
ilustrasi tidak menuding seseorang. (sumber: pixabay.com/happykailas)

Hei kenapa kamu ngejudge dia? Kenapa harus dengan cara menjudge sih? Dia nih, korban judge setiap hari!. Judge! Judge! Judge! Selalu ramai terdengar ditelinga kita akhir-akhir ini bukan? 

Kata judge ini seakan-akan menjadi trending topik saat ada seseorang yang dipojokkan oleh orang lain. Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan judge ini? Kenapa kata ini sangat marak sekali diucapkan banyak orang? Haduhhhh aku jadi bingung...

Saat ini, bahasa inggris seolah-olah sudah menjadi istilah sehari-hari bagi anak muda jaman sekarang, baik dalam percakapan maupun penulisan. 

Bahkan istilah-istilah tersebut tidak jarang digunakan dalam pergaulan. Tetapi terkadang penyerapan bahasa inggris ini terdengar sangat aneh saat dipandankan dengan kata sambung dalam bahasa indonesia seperti me- dan ng- yang diikuti dengan tulisan asli dari bahasa inggris tersebut. 

Misalnya saja penyerapan bahasa ingris yang digabungkan dengan tata bahasa indonesia yang akhir-akhir ini sering kita dengar adalah kata judge.

Kalian bertanya-tanya tidak sih, apa sih judge itu? Nah, kata judge sendiri memiliki arti menghakimi atau bisa dibilang dengan suatu keadaan dimana seseorang menilai orang lain dengan sebelah mata. 

Judge ini bisa terjadi karena beberapa hal, misalnya saja kita mendengar dari gosip, mendengar dari sudut pandang orang lain, dan hanya dengan menilai saat pertama kali bertemu saja, benar bukan?Membicarakan tentang judge, kita sebagai makhluk sosial pun tentu saja akan bersinggungan dengan orang lain.

Nah, ketika kita sedang bersinggungan dengan orang lain inilah yang juga menyebabkan timbulnya pergesekan yang akhirnya membuat kita nge-judge orang lain atau juga dengan sebaliknya. 

Bahkan jika kamu tahu, judgement ini tenyata tidak memerlukan interaksi bahkan tanpa harus mengenal latar belakang kehidupan mereka loh, hah? Bagaimana bisa? Iya bisa, karena judge ini tidak hanya berlaku di dunia nyata saja gais, tetapi juga sering terjadi di dunia maya. 

Olahan pribadi
Olahan pribadi
Biasanya judgement ini terjadi karena tingkah atau perilaku seseorang tersebut tidak sesuai dengan apa yang kita jalani, kemudian kita menganggap apa yang mereka lakukan itu adalah hal yang salah.

Nah, jika kita tidak suka terhadap orang lain, sebaiknya kita lakukan beberapa hal ini sebelum memilih untuk ngejudge seseorang tersebut. Apa saja hal yang dapat dilakukan sebelum ngejudge seseorang? Ini dia beberapa contoh yang dapat dilakukan, antara lain:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN