Mohon tunggu...
Najahullaila
Najahullaila Mohon Tunggu... Hidup adalah untuk mati jika gak mau mati maka jangan hidup

Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Dengan Bersedekah Hidup Akan Lebih Indah dan Berkah

2 Juni 2020   11:07 Diperbarui: 2 Juni 2020   11:08 14 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dengan Bersedekah Hidup Akan Lebih Indah dan Berkah
carefoundation.co.uk

Pengertian sedekah

Sedekah adalah pemberian seorang muslim kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Sedekah lebih luas dari sekedar zakat maupun infak, karena sedekah tidak hanya berarti mengeluarkan atau menyumbangkan harta namun sedekah mencakup segala amal atau perbuatan.

Sodaqoh termasuk dalam kategori hibbah Sodaqoh tidak hanya memberikan harta/benda,sekaligus kita juga dapat memberikan pikiran,pendapat,ide,gagasan bahwa itu juga dinamakan sodaqoh,tapi secara spesifiknya yang dinamakan sodaqoh adalah memberikan sesuatu tanpa balasan dari orang yang kita beri. Contohnya : fakir dan miskin

Fakir adalah tidah punya harta,tidak punya pekrjaan,tidak punya penghasilan berbeda dengan yang miskin. Miskin hanya dapat mencukupi untuk kebutuhan sehari hari saja tidak ada tambahan yang lain.

Sodaqoh adalah memberikan sesuatu tanpa balasan atupun imbalan kepada orang yang butuh,semata mata mengharap pahala  ataupun ridho allah ataupun ganjaran pahala dari allah nanti di akhirat kelak.

Macam-macam Sedekah atau Shadaqah yaitu :

1. Tasbih, Tahlil, dan Tahmid.
2. Bekerja dan memberi nafkah kepada sanak saudara.
3. Shodaqoh harta atau materi.

Keutamaan Bersedekah atau Shadaqah

Selain sebagai bentuk amalan dan kebenaran iman seseorang terhadap perintah Allah swt, shadaqah memiliki banyak keutamaan dalam pelaksanaannya antara lain:

1. Orang yang bersedekah denga ikhlas akan mendapatkan perlindungan dan naungan Arsy di hari kiamat.

2. Sebagai obat bagi berbagai macam penyakit, baik penyakit jasmani maupun rohani.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN