Na'im fauzanlinka
Na'im fauzanlinka mahasiswa

salam revolusi "kenikmatan yang beruntung itulah arti dari nama yang di berikan oleh orang tuaku .atau lebih jelasnya yaitu "Na'im fauzan" dan semoga bisa saling bermanfaat di kalangan orang yang masih bernafas ..

Selanjutnya

Tutup

Media

Penjelasan Ilmiah dan Manfaat Sholat dalam Kehidupan Sehari-hari

19 November 2015   22:05 Diperbarui: 19 November 2015   22:47 137 0 0

Dibalik gerakan-gerakan sholat yang setiap hari kita lakukan, tanpa sadar ternyata mempunyai penjelasan ilmiah, bahkan sholat juga merupakan gudangnya obat dari segala penyakit, gerakan-gerakan yang ada pada sholat yang diawali dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan gerakan salam akan dikupas dibawah ini.

1.TAKBIROTUL IHRAM
Takbirotul ihram dalam sholat di aplikasikan dengan berdiri tegak dilakukan setelah niat kemudian dibarengi dengan mengangkat tangan dan diletakan di atas perut, ternyata hal ini bermanfaat untuk meguatkan otot, melancarkan limfa dan aliran darah. Otak yang posisinya diatas jantung memungkinkan mengalirnya darah ke seluruh tubuh. Ketika tangan di dekapkan di atas perut posisi ini dapat menghindarkan pelaku sholat dari penyakit persendian dan penyakit-penyakit lainya di bagian atas.

2.RUKU’
Pada gerakan ini setelah apa yang diajarkan rosulloh saw. Bahwa tubuh bagian belakang haruslah rata, diibaratkan jika di letakkan air diatasnya, air itu tidak akan tumpah, jika air itu tumpah maka ruku nya belum sempurna.grakan ini mempunyai manfaat menjaga kesempurnaan fungsi tulang belakang sebagai pusat saraf dan penyangga tubuh. Dan tangan yang diletakkan dilutut bermanfaat untuk merelaksasikan otot-otot bahu hingga kebawah, posisi otak yang sejajar dengan jantung menyebabkan aliran darah mengalir dengan lancar khususnya pada bagian tengah.

3.I’TIDAL
Gerakan yang ketiga ini berfungsi sebagai gerakan yang baik bagi organ-organ pencernaan, ketika hal ini dilakukan organ-organ pencernaan di perut akan mengalami pelonggaran secara bergantian dan pemijatan didalam tubuh. Walaupun i’tidal adalh gerakan setelah bangkit dari ruku’

 

4.SUJUD
Pada saat kita melakuan sujud tenyata pada gerakan ini kita sedang memompa getah bening kebagian leher dan ketiak. Pada gerakan ini dimana posisi otak yang berada dibawah jantung menjadikan oksigen bisa mengalir ke otak. Akibatnya hal ini akan berpengruh pada daya pikir seseorang. Maka sebaiknya jika sujud haruslah dilakukan dengan tuma’ninah, agar darah bisa mencukupi kadarnya di otak. Seperti yang telah diajarkan oleh rasulluloh saw, beliau ketika sujud tidak sebentar, demi untuk mendapatkan kesempurnaan sholat. Sujud juga bisa menghindarkan wanita dari gangguan wasir. Darah tidak akan masuk dalam sarf otak melainkan dengan sujud. Dalam beberapa saat tertentu darah diperlukan oleh saraf otak, hal ini tentunya bagian urat akan dimasuki oleh darah mengikuti waktu sholat seperti dalam islam.
Salah satu perguruan tinggi di amerika serikat, Harvard university, telah mengakui temuan ini, bahkan ada dokter yang melakukan penelitian secara diam-diam khusus gerakan sujud, dan setelahnya ia masuk islam. Manfaat lain bagi wanita dalam sujud yaitu, otot-otot perut berkontraksi penuh saat pinggul dan pinggang terangkat melebihi epala dan dada.

5.DUDUK DI ANTARA DUA SUJUD
duduk setelah sujud dalam sholat ada dua yaitu tahiyat awal (iftirasy) dan tahiyat akhir (tawarru’). Pada tahiyat awal pangkal paha menjadi tumpuan bagi tubuh yang erhubung dengan saraf Nervus ishiadius. Ini bermanfaat menghindarkan nyeri pada pangkal paha. Sedangkan pada saat tahiyat akhir bermanfaat khusus bagi pria, pasalnya tumit menekan aliran kandung kemih, kelenjar kelamin pria dan saluran vas deferans. Bagi wanita pun demikan wanita mempunyai tiga liang yaitu dubur, senggamaan dan saluran kemih. Punggung kaki diletakkn diatas telapak kaki kiri dan tumit kaki kanan menkan paha bagian kanan. Posisi ini, tumit kaki kiri akan melakukan pijitan dan menekan daerah perinium, tekanan inilah yang memperbaiki reproduksi wanita.

6.GERAKAN SALAM
Teryata salam juga mempunyai manfaat yaitu ketika melakukan salam otot-otot akan merelaksasikan leher dan kepala, ini beraikbat pada sempurnanya aliran darah di kepla sehingga mencegah sakit kepala dan menjaga kekencangan kulit wajah.

SEMOGA BERMNFAAT