Mohon tunggu...
Nailah Amalea Hannah
Nailah Amalea Hannah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 23107030116

hobi: bernyanyi

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Mari Merayakan Hari Penyu Sedunia, Berikut Sejarah dan Fakta Menariknya!

26 Mei 2024   22:50 Diperbarui: 26 Mei 2024   23:49 88
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penyu atau kura-kura sering muncul dalam cerita, perumpamaan, dan budaya pop, dan pada tanggal 23 Mei kemarin, kami merayakan Hari Penyu Sedunia untuk menghormati hewan tangguh ini. 

Penyu atau kura-kura ini sering dikaitkan dengan ketekunan dan kebijaksanaan. Mereka adalah hewan berjenis reptil, dan mereka dapat ditemukan di banyak tempat di seluruh dunia. 

Makhluk-makhluk ini sangat penting bagi ekosistemnya karena, mereka membantu membersihkan pantai dengan memakan ikan mati yang terdampar di pantai dan menggali lubang di mana makhluk lain tinggal. Hewan lembut ini penting karena mereka menjaga keseimbangan lingkungan.

SEJARAH HARI PENYU SEDUNIA

Sangat mudah untuk membedakan kura-kura dari penyu karena penyu hanya hidup di darat, sedangkan kura-kura hanya hidup di air. Di sisi lain penyu dapat hidup hingga usia empat puluh tahun dan memiliki cangkang yang lebih kecil dan berbentuk kubah. Kebanyakan penyu hidup di laut, tetapi kura-kura tinggal di hutan dan padang rumput. 


Hari ini, orang-orang merayakan dan melindungi penyu atau  kura-kura, karena mereka merupakan hewan yang berbeda. Hari ini pertama kali dirayakan oleh American Tortoise Rescue pada tahun 2002 untuk menunjukkan penderitaan hewan-hewan ini dan penurunan populasinya karena bahaya lingkungan dan campur tangan manusia. 

Hari ini, pecinta alam, sekolah, dan beberapa pusat penyelamatan berkumpul untuk mempelajari lebih lanjut tentang spesies ini dan berkomitmen untuk membantu menyelamatkan mereka.

Susan Tellem dan Marshall Thompson adalah orang yang menciptakan dan membantu menyelamatkan kura-kura di Amerika. Mereka banyak berpartisipasi dalam acara amal dan secara aktif berusaha untuk meningkatkan pengetahuan tentang kondisi kritis hewan bercangkang ini. 

Pasangan ini terkenal karena memperlakukan semua hewan, termasuk reptil dengan sangat amat baik. American Tortoise Rescue yang telah didirikan di tahun 1990 telah menjadi rumah bagi lebih dari 4.000 penyu dan kura-kura. Organisasi ini juga membantu penegak hukum setempat untuk menjaga habitat alami penyu dan memberikan perawatan medis kepada mereka ketika mereka sakit.

LINIMASA HARI PENYU SEDUNIA

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun