Mohon tunggu...
Nahril Ula An-Nala
Nahril Ula An-Nala Mohon Tunggu... -

Harus sllu bersyukur :)

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Letak Penyimpanan Kemampuan Bahasa Dalam Otak

24 Mei 2015   09:27 Diperbarui: 17 Juni 2015   06:40 65
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

BAHASA.

LETAK PENYIMPANAN KEMAMPUAN BAHASA DALAM OTAK

1.Area asosiasi penglihatan: mencerna kata-kata yang dilihat

2.Gyrus angularis: mengartikan kata-kata yg diterima secara visual

3.Area untuk penanaman objek: input dari pendengaran dan visual

4.Membentuk buah pikiran dan memilih kata-kata yg akan digunakan (area wernicke)

5.Mengatur vokalisasi dan kerja nyata vokalisasi (area wernicke)

KREATIVITAS

1.Merupakan bagian dari problem solving

Metode dan cara berfikir

·Kreatif

·Analitis

Metode mengukur kreativitas

1.Divergen production

Memungkinkan seseorang untuk mengeksplorasi data arah yang aberbeda-beda dari initial problem, dan beberapa aitem menurut orang yang dites untuk melepaskan funcional fixedness (berfikir analitis) Mental set (berfikir kreatif). Dalam divergen production dikatakan kreatif itu ketika ada solusi baru dan bermanfaat.

2.Remote Assosiated Tes (RAT)

·Tes kreativitas yang aitem-aitemnya berisi 3 kata yang harus dihubungkan satu sama lain dengan satu kata.

·Kreativitas memerlukan kemampuan melihat hubungan antar yang jauh satu sama lain (Mednick dan Mednick, 1967)

·RAT berkorelasi dg kemampuan ilmiah hanya pada subyek ilmuan yg dengan lingkungan yg memberikan rasa aman dalam bekerja dan dapat bekerja secara mandiri. (Andrew)

·Hasil ini menunjukkan bahwa meskipun individu adalah seseorang yg sangat kreatif,

3.Consensual Assesmen Technique

·Teknik ini dikembangkan oleh amabile yang menekankan kreativitas lebih pada produk daripada orang lain

·Menurut teknik ini suatu produk dapat dianggap kreatif jika orang yang familiar dengan bidang tersebut menyetujui bahwa produk tersebut memang kreatif.

4.Invesment Theory of Creativity

·Orang yang kreatif adalah orang yg menghasilkan ide-ide kreatif ketika orang lain tidak ada atau jarang yang tertarik dengan “investasi” dari apa yang dilakukannya tersebut.

·Kreativ yaitu berbeda dengan yang lain

·Menurut teori ini, karakteristik “investor” kreatif ini memiliki atribut penting seperti intelegensi, pengetahuan, motivasi, lingkungan yg mendukung, style berpikir dan kepribadian yg mendukung

·Orang yang memiliki ciri kepribadian yang kreatif tetapi kurang dukungan lingkungan kerja, maka orang tersebut tidak akan bekerja secara kreatif.

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KREATIVITAS

1.Inkubasi

Didefinisikan sebagai situasi dimana seseorang pas awalnya tidak berhasil memecahkan masalah, maka lebih mungkin untuk memecahkan masalah setelah ada waktu untuk berhenti, daripada harus melanjutkan usaha memecahkan persoalan tersebut tanpa adanya jeda.

2.Faktor sosial

·Amabile (1990) yang menunjukkan bahwa orang menjadi kreatif ketika dia tahu bahwa orang akan mengevaluasi kerjanya.

·Kreativitas menurun ketika ada orang lain akan memperhatikan kerja individu tersebut, ketika individu lomba untuk mendapatkan hadiah dan ketika orang lain membatasi pilihan dalam mengekspresikan kreativitasnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun