Mohon tunggu...
Nadyatus Sholihah
Nadyatus Sholihah Mohon Tunggu... Mahasiswa prodi IPA ,Universitas Pancasakti Tegal

PENDIDIKAN IPA_UPS TEGAL

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Tips dan Trik Belajar Efektif pada Masa Pandemi

6 Desember 2020   06:27 Diperbarui: 6 Desember 2020   06:31 16 1 0 Mohon Tunggu...

Saat ini dunia sedang dilanda wabah penyakit yang disebabkan oleh virus Covid-19. Virus ini menyebar ke seluruh dunia, khusus nya negara Indonesia. Virus ini memiliki dampak buruk bagi kita semua, diantara nya yaitu menyebabkan berbagai aktivitas di berbagai sektor mengalami perubahan dan adaptasi.


Pertemuan dengan melibatkan kontak langsung dan berkeremun dengan banyak orang diminalisir untuk mengurangi penyebaran Covid-19.


Mayoritas di sejumlah wilayah atau daerah kegiatan belajar mengajar tahun ini dilakukan secara daring (dalam jaringan). Kegiatan belajar mengajar secara daring ini dilakukan di sekolah maupun kampus.


Pembelajaran secara daring sangat berpengaruh terhadap pola belajar siswa. Dalam sistem pembelajaran jarak jauh para guru dan siswa dituntut menyiapkan teknologi yang dibutuhkan dalam melakukan pembelajaran daring, dan siswa juga harus bisa beradaptasi dengan sistem pembelajaran yang telah ditetapkan di sekolah.
Sekolah dengan sistem pembelajaran daring membuat para siswa kewalahan, dan merasa bosan, maka dari itu saya akan memberikan tips dan trik belajar efektif pada masa pandemi ini berlangsung.

1. Mengatur waktu dengan tepat


Kita harus mengatur waktu dengan baik, serta seimbangkan antara waktu belajar dan bermain. Dengan mengatur waktu kamu tidak akan kewalahan dalam mengerjakan segala aktivitas. Ketika guru memberikan tugas kepada kita, seharusnya kita segera mengerjakannya. Kita tidak boleh menunda-nunda tugas yang diberikan guru.


Biasanya para guru memberikan tugas yang tidak sedikit kepada muridnya, agar murid-muridnya tetap belajar. Oleh karena itu, tugas yang diberikan guru harus dicicil setiap hari agar tidak kewalahan, sehingga kita memiliki waktu yang leluasa untuk memahami materi yang disampaikan.


2. Ciptakan ruang belajar yang nyaman dan persiapkan peralatan penunjang pembelajaran


Meski dilakukan dirumah, tentu saja pembelajaran daring harus dilakukan di tempat atau ruangan yang nyaman dan bersih, agar  kegiatan belajar menjadi lebih fokus dan nyaman.
Para pelajar juga harus mempersiapkan segala sesuatu yang menunjang untuk pembelajaran daring. Tidak hanya alat elektronik penunjang, buku catatan dan buku pelajaran sekolah juga harus dipersiapkan untuk mengefektifkan pembelajaran daring.


3. Ulang materinya lagi


Mengerjakan saja kadang tidak cukup untuk memahami materi pembelajaran. Untuk memahami materi pembelajaran, kamu bisa mengulang materinya kembali, dengan melihat video-video pembelajaran Online. Serta kamu bisa diskusikan materi yang dipelajari dengan teman-teman kamu. Kamu juga bisa membuat rangkuman atau peta konsep materi tersebut yang dapat membantu kamu mengulang materi tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN