Mohon tunggu...
Nadya Putri
Nadya Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pendidikan Biologi - UPI

KKN Tematik MDBPE-MBKM Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan dalam Implementasi MBKM pada Masa Pandemi Covid-19

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN UPI 2021: Pengaruh PJJ terhadap Psikologis Anak

26 Juli 2021   12:49 Diperbarui: 26 Juli 2021   13:18 63 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN UPI 2021: Pengaruh PJJ terhadap Psikologis Anak
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sejak pandemi COVID- 19 melanda Indonesia di tahun 2020, mengakibatkan seluruh sekolah menerapkan pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran jarak jauh merupakan solusi efektif yang digunakan pemerintah dalam dunia pendidikan. 

Pembelajaran jarak jauh yang secara tiba-tiba membuat orang tua dan anak-anak tidak mempersiapkan diri dengan baik akibatnya muncul masalah-masalah seperti pembagian waktu antara pekerjaan dan pengawasan anak saat pembelajaran berlangsung, kurangnya ketersediaan perangkat elektronik, konflik keluarga bahkan terganggunya perkembangan psikologis anak. 

Lalu kurangnya interaksi sosial pada anak terhadap lingkungan sekitar, mengakibatkan anak mudah jenuh dalam menerima pelajaran dari gurunya dan membuat keefektifan belajar menjadi menurun.

 Bukan hanya psikologis anak saja yang berdampak karena hal tersebut, tetapi pembelajaran jarak jauh juga menjadi beban untuk anak karena harus menggunakan komputer atau handphone terlalu lama dan sering yang akhirnya membuat mereka stress.

Apabila anak telah mengalami penurunan semangat belajar bahkan hingga stress karena terganggunya psikologis anak, tentunya sangat tidak baik bagi kesehatan si anak. Maka dari itu, agar anak lebih semangat untuk belajar, menghindari kejenuhan dan menimalisir terjadinya stress anak harus segera diajari untuk menjaga pola belajar dirumah yang baik dan tepat bersama.

Berikut beberapa tips yang bisa anak terapkan selama pembelajaran jarak jauh selama pandemi, yaitu:

  • Tanamkan motivasi yang kuat
  • Mengkondisikan tempat belajar yang aman dan nyaman
  • Tidak malu bertanya
  • Membuat jadwal harian
  • Tetap menjaga kesehatan selama belajar
  • Lakukan aktivitas fisik
  • Hindari multitasking
  • Luangkan waktu sosial

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN