Mohon tunggu...
Nadya Era
Nadya Era Mohon Tunggu... Lainnya - Pribadi

Halo!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Semangat Mengabdi di Masa Pandemi Covid-19, Dosen Fisika UM Adakan Pelatihan Penggunaan Laboratorium Virtual

21 Agustus 2021   20:55 Diperbarui: 22 Agustus 2021   06:18 134 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pelatihan Cara Menggunakan Tombol-Tombol pada Lab Virtual dan Pengambilan Data Praktikum pada Sabtu,(7/8/2021) - dokpri

MALANG - Dampak Covid-19 terhadap dunia pendidikan sangat besar dan dirasakan oleh berbagai pihak terutama guru, siswa, dan orang tua. Akibat penyebaran Covid-19 yang tinggi di Indonesia, pemerintah memutuskan proses pembelajaran dilakukan di dalam jaringan (daring). Akibatnya, proses praktikum yang biasanya dilakukan di laboratorium harus di lakukan oleh siswa di rumah masing-masing. 

Namun, penyediaan alat praktikum mandiri yang dilakukan siswa tentunya membutuhkan banyak biaya sedangkan situasi ekonomi akibat pandemi juga belum stabil. Oleh karena itu, pemerintah menyediakan laboratorium virtual yang dapat diakses oleh guru dan siswa untuk melakukan simulasi praktikum secara virtual. Sayangnya, tidak semua guru mampu mengoperasikan laboratorium virtual untuk mendukung kegiatan belajar daring. 

Berdasarkan kondisi ini, Dosen Fisika Universitas Negeri Malang (UM) berinisiatif membantu guru melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2021 melakukan pelatihan untuk mengoptimalisasikan penggunaan laboratorium virtual bagi guru IPA MTs Kota Malang.

Pelatihan telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 7 dan 13 Agutus 2021. Pelatihan diawali dengan penyampaian materi yang akan dipraktikumkan untuk menguatkan konsep materi yang telah dikuasai guru, selanjutnya pemateri menyampaikan langkah-langkah melakukan praktikum, fungsi tombol dan ikon pada laboratorium virtual, serta data hasil praktikum yang didapatkan. 

Kemudian, dilakukan sesi diskusi untuk memperoleh solusi mengenai masalah yang dialami guru saat melakukan praktikum dan pembelajaran virtual serta menjawab pertanyaan-pertanyaan guru mengenai materi dan pelatihan yang telah disampaikan. Pelatihan diakhiri dengan pengisian angket untuk mengetahui kesulitan-kesulitan guru dalam menjalankan praktikum virtual dan kuis untuk mengetahui pemahaman guru setelah dilakukan pelatihan serta evaluasi untuk pelatihan selanjutnya.

Penyampaian Materi Hukum Ohm oleh Drs. Yudyanto, M.Si., pada Sabtu (7/8/2021) - dokpri 
Penyampaian Materi Hukum Ohm oleh Drs. Yudyanto, M.Si., pada Sabtu (7/8/2021) - dokpri 

Sebagai pemateri pada kegiatan ini adalah Drs. Yudyanto, M.Si., Bakhrul Rizki Kurniawan, M.Pd., serta Dra. Hartatiek, M.Si., sebagai ketua pelaksana yang merancang kegiatan pengabdian masyarakat ketiganya adalah Dosen Fisika UM. Kegiatan ini diharapkan dapat melatih kemampuan IT dan meningkatkan keterampilan serta meningkatkan kemampuan materi guru IPA MTs Kota Malang terkait praktikum menggunakan laboratorium virtual.

"Terima kasih Bapak dan Ibu, alhamdulillah kegiatan ini sangat membantu kami dalam melaksanakan pembelajaran daring dan materi yang disampaikan juga sangat luar biasa sehingga menguatkan konsep dan pemahaman kami," ujar salah satu peserta pelatihan saat sesi diskusi berlangsung.

Sesi Foto Bersama dengan Pemateri pada Sabtu, (14/8/2021) - dokpri
Sesi Foto Bersama dengan Pemateri pada Sabtu, (14/8/2021) - dokpri
Penulis:  Siska Amalia
Penyunting: Dra. Hartatiek, M.Si.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan