Mohon tunggu...
Nadya Khairunisa
Nadya Khairunisa Mohon Tunggu... Mahasiswi

Kuliah Kerja Nyata- Kerja Sosial Kelompok 1 Mahasiswi Program Studi Biologi Fakulatas SAINS dan TEKNOLOGI Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Covid-19: Bagaimana Proses Covid-19 di Dalam Tubuh Manusia?

15 Agustus 2020   21:42 Diperbarui: 15 Agustus 2020   21:38 57 1 0 Mohon Tunggu...

Bagaimanakah Covid-19 Dapat Menyerang Dalam Tubuh Manusia?

Di seluruh dunia ini telah mengetahui bahwa adanya penyakit Covid-19 yang disebabkan oleh virus corona, baik melalui media sosial maupun media elektronik media surat kabar. Pada tanggal 31 Desember 2019, WHO (World Health Organization) mendapatkan informasi mengenai kasus pneumonia yang terjadi di kota Wuhan, Provisi Hubei, China. Pada tanggal 7 Januari 2020, Negara China telah teridentifikasi adanya virus yang disebut sebagai Virus Corona. Virus ini termasuk ke dalam family virus flu (SARS dan MERS), virus ini akan cepat menyebar keseluruh dunia termasuklah negara kita Indonesia. Pada tanggal 11 Februari 2020, WHO mengumumkan nama virus Corona adalah Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Wabah yang telah menyebar keseluruh dunia berdampak negatif bagi kehidupan manusia sehingga menyebabkan seluruh aktivitas dalam keadaan yang lumpuh total di setiap negara. Pemerintah telah menghimbau agar setiap individu diwajibkan untuk beraktivitas di dalam rumah seperti kegiatan bekerja, belajar, dan juga beribadah. 

Menurut Dharma et al, 2020 bahwa virus dapat mempengaruhi sistem kekebalan dengan mengubah besarnya dan biomolekul dari sel imun dalam tubuh pasien. Dengan adanya bantuan netMHCpan, ketika protein-peptida dari SARS-Cov-2 yang sama tidak ada perbedaan yang signifikan yang diamati pada epitop B. dalam situasi pandemi saat ini, tindakan mitigasi termasuk kewaspadaan yang sangat ketat, social distancing, pengawasan pemantauan, isolasi karantina.

Bagaimanakah Virus Ini Menginfeksi Seseorang?

Menurut Slamet, 2013 bahwa Covid-19 dapat menyebar dengan meluas dalam bentuk tetesan air liur (droplet) pada saat seseorang sedang bersin atupun batuk dan menempel di suatu benda atau apapun itu, dan dapat bersemayam selama 4 -- 8 jam. Berbeda dengan besi, alumanium, dan sarung tangan yang dapat bertahan lebih lama lebih dari 4 hari sejak tersentuh. Kemudian masuk ke tubuh seseorang yang berada didekatnya melalui mulut, hidung, dan mata. Virus corona kemudian masuk ke dalam jalur pernafasan dan membran mukus dibagian belakang tenggorokan, menempel pada sebuah reseptor didalam sel, dan mulai berkembang. Pada pemeriksaan laboratorium virus MERS-CoV ini dapat ditemukan didalam cairan tubuh, seperti darah, urin, dan feses belum pasti terdiagnosa dan harus menggunakan metoda RT-PCR.

Virus ini mempunyai protein dengan ujung tajang yang membuat virus bisa menempel ke membran sel, dalam bentuk genetis virus akan mudah masuk ke sel tubuh manusia yang akan berproses membajak semua metabolisme sel dan membuat sel tidak lagi berkembang untuk kesehatan tubuh melainkan untuk memperbanyak virusnya, virus dapat berkembangbiak dengan cepat.


Apakah Virus Corona Dapat Mengganggu Proses Pernafasan?
Pada saat virus ini berproses dengan cepat didalam membran sel manusia, dengan segera virus -- virus ini mulai menginfeksi sel -- sel disekitarnya. Seseorang akan mengalami gejala yang mulai terasa dibagian belakang tenggorokan dan orang tersebut akan merasakan nyeri -- nyeri dibagian tenggorokan dan batuk kering dengan berhari - hari. Kemudian, virus tidak akan berhenti melainkan bergerak dengan sangat cepat merambat masuk ke saluran pangkal paru -- paru, hingga masuk ke paru -- paru. Proses ini merusak jaringan paru -- paru, sehingga jaringan -- jaringan yang ada pada paru -- paru akan membengkak dan suliit untuk masuknya O2 dan keluarnya CO2 ke paru -- paru. Proses virus yang sangat cepat berkembang di dalam paru -- paru akan mengalami pembengkakan pada jaringan paru -- paru dan kurangnya O2 dalam membran sel membuat jaringan tersebut penuh dengan cairan, nanah, dan sel -- sel yang telah mati. Pneumonia akan muncul setelah proses yang telah menyebarnya virus corona di dalam tubuh manusia yang positif virus corona. Kemudian,akan berakibat fatal dalam tubuh seseorang yang mengalami kesulitan bernafas sehingga sangat dibutuhkan ventilator. Alat ini tidak menjamin untuk pernapasan seseorang yang telah kesulitan bernafas.

Perlu kita ketahui bahwa ada banyak orang bisa stabil selama seminggu, ke esokan harinya menjadi parah. Ketika mengalami kekambuhan pada jaringan paru -- parunya rusak dan rentan akibat virus, lalu masuklah bakteri ke dalam badannya sendiri. Ada beberapa kasus masih tetap menjadi misteri. Ada dua kasus dimana mereka terinfeksi, lalu membaik namun tiba -- tiba memburuk saat di rawat. Satu orang yang lainnya malah terlihat membaik saat menerima perawatan oksigen di pagi hari, namun sorenya meninggal dunia. Namun, penyebab covid-19 penulis berusaha untuk berpikir jernih dalam mengambil sisi baik yang masih bisa ditemukan ditengah carut-marutnya kondisi yang sedang terjadi. Kita sebagai pribadi yang memiliki kepercayaan masing -- masing. Bahwa menurut pandangan islam tentang adanya pandemi covid19 ini merupakan suatu ujian dari Allah SWT. Maha kuasa atas segala -- galanya tentang dunia ini. Sebagai manusia biasa yang tiada daya dan upaya tentunya kita harus selalu memanjatkan doa kepada Allah SWT. semoga wabah covid-19 segera berakhir.



Referensi:
Dhama, Kuldeep., et all. 2020. An Update On SARS-CoVCOVID-19 With Particular Reference To Its Clinical Pathology, Pathogenensis, Immunopathology and Mitigation Strategis. Journal  Medicine and Infection Disease. Vol;10,No;5

Slamet, dkk. 2013. Pedoman Umum Kesiapsiagaan Menghadapi Middle East Respiratory Syndrome-Corona Virus (MERS-CoV). Jakarta: KEMENKES-RI.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x