Mohon tunggu...
nadila salsabila melsha
nadila salsabila melsha Mohon Tunggu... nadila

Nadila Salsabila Melsha

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Adakah Kaitan Analisis Shift Share terhadap Pembangunan Daerah?

20 November 2019   01:59 Diperbarui: 20 November 2019   02:26 0 0 0 Mohon Tunggu...

Pembangunan ekonomi setiap daerah merupakan dorongan untuk pembangunan ekonomi nasional karena tanpa adanya dukungan dari setiap daerah maka pembangunan perekonomian nasional akan sulit terwujud. Pembangunan ekonomi daerah dapat terwujud jika pertumbuhan perekonomian suatu daerah terus mengalami peningkatan sehingga dengan begitu daerah tersebut dapat dikatakan berhasil. Keberhasilan pembangunan suatu daerah dalam sektor ekonomi juga dilihat dari kemampuan daerah dalam memenuhi kebutuhan masyarakatnya serta kemampuan dalam mengembangkan berbagai potensi yang ada di daerah tersebut.

Setiap daerah pastinya memiliki potensi  atau sumberdaya yang berbeda, hal tersebut dapat dilihat dari masing-masing keunggulan sektor perekonomian setiap daerah. Adanya karakter dari keanekaragaman setiap daerah yang berbeda, maka keunggulan dari sektor ekonomi setiap daerah berbeda pula. Adanya analisis shift share berkaitan sekali dengan pembangunan suatu wilayah khususnya dalam sektor ekonomi.

Adanya analisis shift share maka dapat mempermudah pemerintah untuk mengetahui struktur perekonomian pada suatu wilayah. Selain itu juga dapat mengetahui pergeseran sektor unggulan  pada waktu-waktu tertentu serta mengetahui letak posisi sektor ekonomi di suatu wilayah dengan wilayah lain.

Misalnya pada kawasan penyangga kota-kota besar yang mengalami perubahan signifikan dalam sektor ekonomi. Dengan adanya analisis shift share maka wilayah tersebut dapat mengetahui pergeseran yang signifikan terhadap sektor unggulan pada wilayah tersebut serta menunjukkan bahwa wilayah tersebut memiliki sektor unggulan yang dapat meningkatkan serta mendukung perekonomian pada wilayah penyangga tersebut.

Pertumbuhan perekonomian suatu daerah sangat berpengaruh pada pertumbuhan perekonomian nasional. Jika pertumbuhan perekonomian daerah pada sektor  unggulan lamban maka pertumbuhan perekonomian nasional juga akan lamban dan begitu juga sebaliknya. Misalnya pada produksi industri di suatu daerah penyangga telah lambat dalam memproduksinya maka saat melakukan pengiriman ke wilayah yang lebih luas atau ke tingkat nasional juga akan mengalami keterlambatan sehingga hal tersebut berdampak pada pertumbuhan perekonomian daerah maupun nasional.

Dengan analisis shift share ini dapat digunakan untuk mendeskripsikan kondisi ekonomi pada suatu wilayah. Selain itu terdapat gambaran perbandingan pertumbuhan perekonomian dengan daerah lain serta untuk mengetahui  sektor-sektor mana saja yang mengalami kemajuan. Analisi shift share juga dapat mengidentifikasi mana saja yang termasuk sektor unggul ataupun tidak.

Analisis shift share ini sangat berkaitan dengan pembangunan daerah terutama dilihat dari perekonomiannya. Dengan adanya analisis shift share ini, kita dapat mengetahui apakah daerah tersebut sudah sukses dalam perekonomiannya atau belum jika dilihat dari daerah-daerah lainnya. Sehingga analisis shift share dapat memberikan kita informasi kinerja perekonomian pada daerah tersebut.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x