Mohon tunggu...
Nadia
Nadia Mohon Tunggu... Part of @jambishoppingdayy

An old souls of young woman ūüíĖ Mahasiswi

Selanjutnya

Tutup

E-Sport

E-Sports Olahraga Kekinian yang Makin Digemari Generasi Milenial

18 November 2019   10:54 Diperbarui: 25 November 2019   13:09 105 0 0 Mohon Tunggu...
E-Sports Olahraga Kekinian yang Makin Digemari Generasi Milenial
ilustrasi: reuters.com

Olahraga memang beragam dari mulai latihan fisik hingga strategi , jika orang gemar bermain sepakbola , basket , volley , maka sebagian orang ada yang menyukai olahraga papan seperti catur yang membutuhkan keterampilan strategi yang luar biasa karena konsentrasi dibutuhkan untuk pertandingan ini.

Namun kalo bicara soal pertandingan yang membutuhkan strategi , tingkat konsentrasi yang tinggi dan tentunya ketelitian tidak dapat dipisahkan dari jenis olahraga yang saat ini sedang booming yaitu E-sport.

eSports sendiri merupakan jenis olahraga elektronik yang berangkat dari dunia gaming bila ditelusuri lebih dalam awalnya eSports pertamakali diadakan pada tahun 1972 oleh mahasiswa stanford  yaitu Intergalatic Spacewar Olympic dengan hadiah pertama yang direbutkan ialah satu tahun gratis langganan majalah rolling stone , dengan games spacewar yang diciptakan oleh steve russel dan para ilmuwan dan akademisi di Massachusetts Institute of Technology (MIT) Boston , Amerika Serikat.

Kita patut berbangga karena perkembangan eSports di indonesia sendiri sangat pesat , olahraga ini digandrungi oleh semua kalangan usia , tapi yang paling mendominasi ialah Generasi Millenial yang hampir semuanya akrab dengan olahraga satu ini mereka seringkali salah mengartikan eSports yang di samakan dengan games padahal jelas berbeda karena eSports umumnya dipertandingkan.

Bahkan menurut hasil studi yang dirislis oleh POKKT Decision Lab dan Mobile Marketing Association (MMA) , pada oktober 2018 , jumlah gamers di indonesia ada sekita 60 juta orang dan diperkirakan meningkat menjadi 100 juta di tahun 2020.

Indonesia pada pagelaran Asian Games 2018 sendiri berhasil memenangkan cabang olahraga (cabor) ini mempertandingkan setidaknya enam judul Game , antara lain Arena of Valor , Clash Royale, Hearth Stone, StarCraft 2, PES 2018 , dan LoL. Bahkan Indonesia mendapatkan medali emas pada kejuraan tingkat Dunia.

Kemudian pada 2019 , IESPL Kembali mengadakan turnamen eSports di Indonesia , yaitu Piala Presiden eSports 2019 menhadi turnamen nasional yang diselenggakan berkat kerja sama dengan IESPL dengan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF).

Sudah ada banyak sekali kompetisi eSports yang diadakan diIndonesia dengan maksud untuk mencari bakat calon atlet . Bahkan kini mulai banyak yang beralih profesi menjadi atlet profesional eSports. Mereka menjadikan olahraga ini lebih dari sekedar hobi tetapi profesi. Yang tentunya mendapatkan pengahasilan yang tidak sedikit apabila ditekuni.

Kita mengenal beberapa atlet eSports berprestasi seperti novan "nexok 40" Kristianto. , kenny "Xepher" Deo , Muhammad "inyourdreaM" Rizky ,Hansel "BnTeT" Ferdinand dan Kevin "Xccurate" Susanto yang berhasil mendapatkan penghasilan fantastis dari menggeluti dunia eSports. Bukan hanya mereka influencer seperti Anya Geraldina dan Aktris Pevita Pearce pun kita ketahui sangat menyukai jenis olahraga ini seperti yang kerap mereka perlihatkan di sosial media masing-masing.

VIDEO PILIHAN