Mohon tunggu...
Nadia
Nadia Mohon Tunggu... Part of @jambishoppingdayy

An old souls of young woman 💖 Mahasiswi

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Bijak Menggunakan Air sebagai Langkah Pelestarian Sumber Daya Air

7 September 2019   23:45 Diperbarui: 11 September 2019   21:23 107 2 2 Mohon Tunggu...
Bijak Menggunakan Air sebagai Langkah Pelestarian Sumber Daya Air
dokpri

Haruskah kita Bijak dalam menggunakan Air sebagai langkah antisipasi kekeringan dan bentuk pelestarian terhadap sumber daya air !?

Akhir-akhir ini sering dijumpai berita yang memuat kejadian seperti kebaakaran hutan maupun kekeringan diberbagai media masaa baik media cetak maupun online . tidak dapat dipungkiri lagi memang itu lah kenyataan saat ini tingkah serakah manusia yang menyebabkan peristiwa itu terus berulang terjadi karena pada nyatanya sepertinya belum ada efek jera yang bisa diambil dari peristiwa tersebut. Seperti penyakit yang timbul akibat musibah kekeringan yang melanda hampir diseluruh pelosok negeri.

Air merupakan kebutuhan utama seorang makhuk hidup kenapa?

Karena air merupakan zat pelarut yang penting untuk makhluk hidup dan adalah bagian penting dari proses metabolisme air juga dibutuhkan dalam berfotosintesis dan respirasi airtinya air merupakan salah satu sumber penghidupan makhluk hidup.

Selain itu patut diketahui bila kita mengulas balik potret sejarah dengan mudah dapat kita temui berbagai peradaban kuno memilih wilayah sekitar perairan sebagai tempat untuk mendirikan sebuah peradaban karena dirasa masuk akal bila dilihat dai berbagai sisi daerah yang memiliki pengairan terbaik merupakan tempat yang baik untuk menetap.

Bila kita berkaca terhadap ketersediaan air saat ini tentunya akan sangat memprihatinkan lagi-lagi kita akan dibuat tercengang dengan kenyataan yang sebenarnya akan kita hadapi dimasa sekarang maupun dimasa depan. Seperti yang kita ketahui es dikutub mulai mencair akibat pemanasan global dan air laut pun sudah tidak bisa memberikan penghidupan layak kepada spesies yang tinggal didalamnya dikarenkan ulah kita manusia yang kerap kali membuang sampah sembarangan apalagi sampai dengan membuang sampah plastik yang bahkan setelah ratusan tahun baru akan terurai. Juga ketika melihat keadaan saudara kita di Afrika banyak dari mereka yang mengalami kesulitan mendapatkan air bersih dikarenakan ketersediaan air yang semakin sedikit tidak diimbangi dengan jumlah penduduk yang semakin membludak , juga air merupakan barang mahal bayangkan saja apabila terjadi kekeringan didaerah rumahku denmi menjaga ketersediaan pasokan air guna penggunaannya didalam kehidupan sehari-hari untuk satu tangki air berharga sekitar Rp.300.000 dan itu hanya akan bertahan kurna lebih seminggu Bayangkan Saja biaya yang dihabiskan untuk membeli Air setiap bulannya ialah sekitar 300000@4 atau sekitar Rp.1200000 bukankah harganya sudah hampir Samantha bahkan lebih mahal dari 1gr Emas. itulah mengapa kita perlu melestarikan air.
Selain itu dapat dilihat juga bila akses merupakan faktor penting karena selain ketersediaaan air akses juga sangat dibutuhkan untuk memudahkan manusia dalam memperoleh air guna kebutuhan sehari-hari. Seperti yang dihadapi saudara kita di daerah pelosok maka kita akan diherankan oleh pemandangan dimana banyak anak kecil terbiasa mengambil air disumber air karena memang teknologi disana masih sukar ditemui.

Lalu bila kita dihadapkan dengan isu seperti krisis air bersih , kekeringan dan kebakaran hutan?

Apa yang harus kita lakukan sebagai makhluk yang sudah harus peduli dengan lingkungan sekitar demi keberlangsungan anak cucu dimasa depan?
Jangan berpangku tangan yuk mulai lestarikan air sebagai sumber penghidupan kita dimulai dari tindakan kecil yang mungkin kelihatannya kecil namun berdampak bagi sekitar , bila kegiatan seperti menanam pohon diriasakan cukup sulit anda dapat melakukan langkah sederhana seperti gunakan air secukupnya baik ketika mandi , mecuci maupun kegiatan yang sekiranya menggunakan air.

Selain itu juga jangan membuang sampah sembarangan apalagi sampah yang sulit terurai seperti plastik , mulai menggunakan barang-barang yang eco-friendly sebagai upaya dalam mengurangi penggunaan plastik dan pelestarian lingkungan hidup .

Semakin kesini juga semakin banyak perusahaan maupun organisasi yang mendukung program pelestarian lingkungan hidup melalui Corporate Social Responsibily (CSR) yang berdampak pada program-program eco-friendly mereka juga sadar bahwa lingkungan perlu dijaga untuk keberlangsungan dimasa depan tidak salah bila mereka mulai membenahi diri dan mendukung program terkait.

Salah satu perusahaan yang berperan aktif dalam upaya pelestarian lingkungan hidup ialah Bank DKI sebagai bagian dari dunia usaha industri perbankan yang beroperasi diwilayah jakarta dan sekitarnya, patut kita apresiasi karena Bank DKI  sangat memperhatikan isu lingkungan hidup sebagai salahsatu fokus program CSR ini merupakan suatu langkah yang amat bijaksana dari Bank DKI .

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x