Mohon tunggu...
nadia rifiana
nadia rifiana Mohon Tunggu... Mahasiswa - WELCOME

KKN TIM II UNDIP 2020/2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Tim KKN Undip Mengolah Diversifikasi Ikan Lele Menjadi Nugget

4 Agustus 2021   01:17 Diperbarui: 4 Agustus 2021   01:22 118 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tim KKN Undip Mengolah Diversifikasi Ikan Lele Menjadi Nugget
Dokumen pribadi

Mertoyudan, Magelang (4/8) -- Kondisi pandemi saat ini mengharuskan semua orang untuk selalu  meningkatkan stamina, tak terkecuali pada masyarakat dipedesaan. 

Masyarakat tetap harus memastikan asupan gizi bisa terpenuhi agar daya tahan tubuh tetap stabil, sehingga virus berbahaya tidak mudah menyerang. 

Dalam upaya meningkatkan kekebalan tubuh di tengah pandemi Covid-19 ini, mengonsumsi makanan bergizi sangat dianjurkan. Gizi seimbang merupakan salah satu penentu kualitas sumber daya manusia

Kegiatan KKN TIM II Undip oleh Nadia Rifiana Safitri dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas asupan gizi seimbang berupa makanan berprotein tinggi untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat di Desa Mertoyudan, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang. 

Pengolahan diversifikasi dilakukan pada 27 Juli 2021 dengan membagikan olahan diversifikasi ikan lele menjadi nugget kepada anak-anak sekitar di Desa Mertoyudan, dan juga memberikan booklet  di WhatsApp groub ibu-ibu PKK. Selain itu usaha ini dapat dikembangkan sebagai sumber ekonomi keluarga atau bentuk kewirausahaan. 

Kewirausahaan merupakan upaya mendayagunakan potensi daerah dan masyarakat yang tersedia. Program pelatihan berupa inovasi usaha berbahan dasar ikan sebagai makanan berprotein tinggi dimasa pandemi covid-19 di Desa Mertoyudan secara umum diharapkan akan meringankan beban masyarakat terdampak pandemi yang sangat membutuhkan kestabilan konsumsi pangan dengan kandungan gizi yang seimbang dan menjadi sumber tambahan keuangan keluarga.

Pengetahuan tentang bahan-bahan yang digunakan mudah dipahami. Dalam proses pembuatan dibutuhkan ketelatenan dan kesabaran dalam mengikuti setiap tahapan. Produk yang sudah jadi bisa langsung dinikmati dan juga bisa disimpan sebagai stok makanan dalam bentuk makanan beku. 

Produk makanan cemilan berupa Nugget Ikan terdiri dari ikan lele yang sudah diblender dengan bumbu, seperti 5 siung bawah putih, 1 butir telur, 1 sdm garam, 1 sdm kaldu bubuk, 1 sdm gula pasir, 1 sdm lada bubuk, dan 200 ml air.  Kemudian dibalur dengan kocokan telur dan tepung panir. Untuk 500 gram daging ikan lele menghasilkan 6 potong nugget dengan ukuran 10 cm x 3 cm x 3 cm.

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi
Keyakinan sensoris meliputi kepercayaan yang dapat dirasakan oleh indera seperti ikan memiliki bau yang amis dan memiliki duri yang diduga dapat menurunkan nilai kegemaran akan makan ikan. Salah satu cara untuk menghadapi permasalahan tersebut yaitu dengan mengolah daging ikan lele menjadi produk olahan berupa nugget ikan lele. 

Diharapkan dengan adanya sosialisasi tentang manfaat ikan dapat meningkatkan kegemaran anak untuk makan ikan dan transfer informasi terhadap orang tua mengenai cara pembuatan nugget ikan lele yang sehat, tanpa bahan pengawet, dan tanpa MSG. 

Selain itu output produk yang dihasilkan diharapkan dapat memberikan tambahan berupa pendapatan keuangan keluarga lewat penjualan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x