Mohon tunggu...
Nadhifa Salsabila Kurnia
Nadhifa Salsabila Kurnia Mohon Tunggu... Masih setia dengan Bandung, namun melalui tulisannya sering kali berjalan ke Korea Selatan dan berbagai belahan dunia lain

Sarjana Ilmu Komunikasi Jurnalistik, pencinta literasi, penyuka fiksi, menulis dimana saja dan kapa saja

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Ada Banyak, Ini 6 Jenis Sakit Autoimun! Serang Organ Berbeda-Beda

25 Juni 2021   07:00 Diperbarui: 25 Juni 2021   07:36 571 14 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ada Banyak, Ini 6 Jenis Sakit Autoimun! Serang Organ Berbeda-Beda
Ilustrasi aktivitas di laboratorium | pexels/Chokniti Khongchum

Penyakit Autoimun, kini banyak terdengar diidap seseorang. Public figure seperti Ashanty, Enzy Storia, dan Cantika Abigail mengaku mereka juga idap sakit ini. Bahkan, Ashanty yang semoat positif covid-19, berusaha berobat hingga ke Turki.

Sementara itu Cantika salah satu member G.A.C ini ternyata sudah idap autoimun sejak tahun 2011. Dalam ceritanya saat beebagi jenis sakitnya bersama Enzy Stroria lewat channel YouTube, Cantika mengkui idap jenis yang disebut autoimun psoriasis.

Jenis sakit autoimun Cantika ini menyerang kulitnya. Saat kambuh, ia bisa merasakan gatal-gatal di sekujur tubuhnya. Sedangkan presenter Enzy Storia, mengatakan jenis sakit autoimun yang dideritanya bernama rheumatoid arthritis (RA).

Enzy diketahui sudah punya penyakit ini sejak tahun 2009. Autoimun RA ini bisa menyerang fungsi sendi mana pun. Termasuk organ vital seperti jantung. Bahkan, dokter mengatakan kemungkinan terburuknya adalah sakit lupus.

Contoh sebab jenis sakit autoimun yang sudah dialaminya, pada tahun 2014 lalu mata kanan Enzy sempat berair, bengkak, hingga Enzy tak bisa membuka matanya.

Baca juga: Hari Lupus Sedunia

Saat ini autoimun memang belum ada obatnya. Dilansir dari Healthline, autoimun ini adalah enis penyakit yag disebabkan oleh respon berlebihan ataupun minim dari sistem tubuh seseorang. Contohnya, ketika sistem metabolisme  menyerang sel-sel yang terdapat dalam tubuh sendiri, karena berpikir itu adalah benda asing atau infeksi.

Ada beberapa jenis sakit autoimun yang bisa menyerang, diantaranya:

1. Tiroditis Hashimoto

Ini adalah jenis sakit autoimun yang berupa kelainan pada organ tiroid. Jadi, sistem imunnya ini menyerang sel-sel tiroid sehingga terjadi peradangan dan kerusakan sel. Akibat, sel tiroid tidak dapat menghasilkan hormone tiroid.

Kekurangan hormone tiroid ini menyebabkan munculnya gejala nlemas, berat badan naik, sulit berkonsentrasi, sulit BAB, hingga gejala lainnya. Penyakit ini bisa serang wanita maupun pria, namun pada wanita lebih tinggi.

2. Penyakit Lupus

Dalam istilah kedokteran, disebut dengan systemic lupus erythematosus (SLE) yang merupakan jenis sakit autoimun serang beberapa organ. Contohnya kulit, jaringan mukosa, jantung, paru, perut, sendi, darah, saraf, dan ginjal.

3. Penyakit Rematik pada Sendi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x