Mohon tunggu...
Nadhifa Salsabila Kurnia
Nadhifa Salsabila Kurnia Mohon Tunggu... Penulis - Masih setia dengan Bandung, namun melalui tulisannya sering kali berjalan ke Korea Selatan dan berbagai belahan dunia lain

Sarjana Ilmu Komunikasi Jurnalistik, pencinta literasi, penyuka fiksi, menulis dimana saja dan kapa saja

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

5 Situs Pencarian Kerja yang Jadi Andalan, Beserta Alasan Kamu Harus Coba!

15 Juni 2021   23:34 Diperbarui: 16 Juni 2021   02:21 370
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasis edang browsing | pexels/ Vojtech Okenka

Mencari lowongan kerja memang sering kali jadi petualangan yang panjang. Ada banyak pertimbangan juga saat berusaha menemukan pekerjaan yang paling cocok dengan kemampuan diri sendiri. Namun, memang tidak jarang bekerja pada akhirnya keluar dari passion hingga jurusan saat kuliah.

Saat ini mencari pekerjaan sudah mendapatkan akses lebih mudah dengan melalui berbagai situs, platform, atau aplikasi pencari kerja. Terlalu banyak situs pencari kerja, ada kalanya membuat kita bingung yang mana yang paling bisa diandalkan.

Setiap orang sebenarnya juga bisa cocok-cocok-an dengan situs pencari kerja ini. Karena, setiap situs punya sistem tersendiri untuk menampilkan profil, cv, atau resume si para pencari kerja yang membuat akunnya di situs mereka ini.

Jadi rekomendasi situs pencari kerja ini belum tentu cocok di semua orang, tetapi ini beberapa alasan mengapa situs pencarian kerja ini ampuh yang bisa kamu cermati.

Baca juga: 5 Akun Twitter tentang Dunia Kerja, Jobseeker Wajib Tahu

1. Linkedin

Rasanya setiap pencari kerja atau job seeker, mau apapun platform pencari kerja yang mereka andalkan, setidaknya harus selalu punya akun Linkedin. Platform satu ini mengelola profil para pencari kerja dengan sistemtis.

Para job seeker bisa memasukki pengalaman kerja, organisasi, hingga volunteer, dengan tampilan yang mudah dimengerti. Layaknya media sosial, di Linkedin ada timeline hingga teman-teman sesama pemilik akun lainnya yang disebut 'koneksi'.

Kelebihannya, di sini kamu akan menemukan banyak perusahaan dari mulai dari yang ada di Indonesia hingga luar negeri. Linkedin menghubungkan langsung jenis-jenis pekerjaan yang sesuai dengan yang kamu cari hingga latar belakang pendidikanmu.

Kamu bisa melihat peluangmu bekerja di suatu perusahaan, dengan mengetahui siapa saja yang telah me-review atau melihat profil Linkedin kamu.

Banyak perusahaan besar swasta maupun BUMN yang menggunakan Linkedin sebagai profil perusahaannya. Begitu juga mengumumkan saat mereka sedang mencari pekerjaan. Deretan perusahaan di Linkedin banyak yang sudah terpercaya.

2. Glints

Glints juga menjadi salah satu situs pencarian kerja anak muda nih. Tampilannya yang muda dengan desain yang simple namun nyaman,  serta pengarahan ke pekerjaan yang diinginkan job seeker sangat relate. Untuk penampilan profil pencari pekerja juga nyaman untuk digunakan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun