Mohon tunggu...
Nadhifa Salsabila Kurnia
Nadhifa Salsabila Kurnia Mohon Tunggu... Masih setia dengan Bandung, namun melalui tulisannya sering kali berjalan ke Korea Selatan dan berbagai belahan dunia lain

Sarjana Ilmu Komunikasi Jurnalistik, pencinta literasi, penyuka fiksi, menulis dimana saja dan kapa saja

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Perbedaan Infeksi Bakteri dan Virus, Gejala dan Penyakitnya Juga Berbeda!

15 Juni 2021   21:41 Diperbarui: 15 Juni 2021   23:12 618 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perbedaan Infeksi Bakteri dan Virus, Gejala dan Penyakitnya Juga Berbeda!
Ilustrasi bakteri | Pexels/Edward Jenner

Sama-sama menyebabkan rasa sakit, ternyata infeksi bakteri dan virus itu berbeda. Kedua jenis infeksi ini sama-sama disebabkan oleh mikroba. Namun, tak berbeda dengan namanya, infeksi bakteri disebabkan oleh bakteri, sedangkan infeksi virus oleh virus penyebabnya.

Namun, memang dari segi gejala yang ditemukan antara kedua jenis infeksi ini memang bisa saja mirip. Seperti batuk-batuk, demam, hidung berair, radang, muntah, dan lemas. Meskipun penyebabnya dari makhluk bernama mikroba, namun jenis mikroba virus dan bakteri ini berbeda.

Pengobatan yang dilakukan untuk kedua infeksi ini pun berbeda penangananya. Bakteri adalah  mikroba yang termasuk keluarga Prokaryotes Pada bakteri terdapat dinding sel yang tipis tetapi keras. Juga membran yang seperti karet dan melindungi cairan di dalam karet tersebut.

Bakteri bisa lakukan perkembang biakkan sendiri, dengan cara pembelahan. Bakteri ini hidupnya bisa dalam berbagai kondisi lingkungan. Termasuk di lingkungan ekstrem seperti yang sangat panas atau sangat dingin. Juga di lingkungan yang mengandung radioaktif serta di dalam tubuh manusia.

Baca juga: Ancaman Berita Hoax terhadap Kemajuan Negara Indonesia

Untuk sebagian besar bakteri sebenarnya tidak menyebabkan penyakit. Bahakan dari penelitian menunjukkan bahwa hanya kurang dari 1 persen jenis bakteri yang bisa menyebabkan munculnya penyakit.

Di lain sisi, kebanyakan bakteri justru memiliki banyak manfaat di antaranya untuk membantu mencerna makanan, melawan mikroba lain yang sebabkan penyakit, juga melawan sel kanker dan memberikan nutrisi-nutrisi yang bermanfaat.

Adapun beberapa penyakit yang bisa disebabkan oleh bakteri adalah:

  • Sakit tenggorokan
  • Tuberculosis
  • Infeksi saluran kencing
  • Difteri dan lain-lain

Sementara itu virus memiliki pengertian sebagai mikroba yang tidak bisa hidup tanpa menempel pada inangnya. Virus ini baru bisa berkembang biak apabila menempel pada makhluk hidup lainnya.  Ukuran virus lebih kecil daripada bakter bahkan sangat jauh perbedaannya.

Setiap virus ini memiliki material genetic antara RNA atau DNA. Virus biasanya akan menempel pada sebuah sel hingga mengambil alih sel tersebut kemudian sel-sel yang ditempelinya bisa sampai mati. Di kasus lain, gara-gara virus ini sebuah sel normal bisa berubah menjadi berbahaya.

Berkebalikan dengan bakteri, sebagian besar virus ini adalah penyebab munculnya penyakit. Selain itu sifat dari virus ini 'pemilih'. Artinya, virus bisa menyerang sel tertentu yang spesifik. Contohnya beberapa viru bisa menyerang pada bagian sel di pancreas, sistem pernapasan dan darah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x