Mohon tunggu...
Nadhifa Salsabila Kurnia
Nadhifa Salsabila Kurnia Mohon Tunggu... Masih setia dengan Bandung, namun melalui tulisannya sering kali berjalan ke Korea Selatan dan berbagai belahan dunia lain

Sarjana Ilmu Komunikasi Jurnalistik, pencinta literasi, penyuka fiksi, menulis dimana saja dan kapa saja

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Cara Mengatasi Kista Ovarium di Rumah Saja, Jangan Abai!

14 Juni 2021   06:52 Diperbarui: 14 Juni 2021   07:05 599 10 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Mengatasi Kista Ovarium di Rumah Saja, Jangan Abai!
Ilustasi perempuan nyeri haid | Pexels/Sora Shimazaki

Rasa nyeri di daerah Rahim mungkin sering kali diabaikan. Padahal, jika rasa nyeri tersebut terjadi berlarut-larut, ada kalanya harus segera menjalani pemeriksaan. Jika pun kamu sudah tahu memang ada masalah dengan ovariummu, jangan abai dan merasa itu tidak apa-apa.

Seperti halnya yang dialami artis Dinda Kirana. Akibat menunda-nunda jadwal operasi untuk pengangkatan kista ovarium yang dialaminya, ia mengalami pendarahan dan sampai harus dilarikan ke rumah sakit.

Dinda diketahui ternyata memiliki dua benjolan berukuran 5 cm dan 12 cm di rahimnya. Kista Ovarium ini penyebabnya karena siklus menstruasi yang tidak teratur. Meskipun sifatnya jinak, namun jika diabaikan terus-menerus bisa semakin membesar seperti yang dialami Dinda Kirana ini.

Salah satu tanda-tanda jika kamu mungkin memiliki sakit kista ovarium adalah ketika menstruasi mengalami nyeri luar biasa di area Rahim. Ketika nyerinya sudah tak tertahankan dan terasa janggal, baiknya segera konsultasikan ke dokter.

Baca juga: Pengalaman Hidup bersama Malaria

Lalu, bagaimana cara mengatasi Kista Ovarium ini?

Tidak diharuskan operasi

Ternyata, untuk cara mengatasi kista ovarium ini tidak selalu harus menjalani operasi. Kasus pengangkatan kista ovarium yang terjadi pada Dinda Kirana ini di antaranya karena penyakitnya memang sudah semakin membesar dan terjadi pendarahan.

Dalam beberapa kasus, ternyata kista ovarium ini tidak dilakukan penanganan dengan operasi. Karena sebenarnya tidak ada gejala khusus akan sakit kista ovarium, namun tetap harus diwaspadai.

Jika ternyata kista ini tidak alami pembesaran dengan cepat, maka biasanya kista bisa menghilang dengan sendirinya. Namun, tetap saja keputusan tidak melakukan operasi ini atas anjuran dokter yang sudah melakukan pemeriksaan menyeluruh.

Jadi, saat di rumah ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk cara mengatasi kisat ovarium ini. Bukan untuk menghilangkannya, namun untuk meredakan rasa sakitnya.

Obat untuk meredakan sakit

Obat yang bisa dikonsumsi untuk meredakan sakit kista ini di antaranya adalah obat anti inflamasi yang dijual bebas. Obat jenis ini juga biasa digunakan untuk perempuan saat mengalami rasa nyeri saat datang bulan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x