Mohon tunggu...
Nadha Rofiatul Fitria
Nadha Rofiatul Fitria Mohon Tunggu... Masih mahasiswa

271200 Malang

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Pandemi Covid-19, PMM UMM Kelompok 80 Pertahankan UMKM Opak Singkong Melalui Personal Branding dan Pemasaran Via Online.

15 April 2021   19:58 Diperbarui: 15 April 2021   20:49 60 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pandemi Covid-19, PMM UMM Kelompok 80 Pertahankan UMKM Opak Singkong Melalui Personal Branding dan Pemasaran Via Online.
Foto Produk untuk Iklan

   Bulan puasa di tengah pandemi tidak menyurutkan semangat mahasiswi PMM UMM Kelompok 80 Gelombang 4 guna mempertahankan UMKM Opak Singkong khas Wonokerto, Kecamatan Bantur. Kegiatan ini merupakan serangkaian program kerja kelompok yang beranggotakan 5 mahasiswi bimbingan Pak Setiya Yunus Saputra, M.Pd.

   Opak singkong merupakan camilan tradisional yang dibuat dengan bahan dasar singkong (Pohung). Camilan ini cocok didampingi bumbu rujak manis/bumbu pecel, bahkan dengan kuah bakso karena rasanya yang gurih. Opak singkong olahan Mak Sunarti dari Wonokerto memiliki ciri khas sendiri. Singkong diolah hanya dicampuri garam tanpa bahan pengawet dan singkong dicetak menggunakan bahan tradisional sederhana buatan Mak Sun sendiri sehingga banyak diminati masyarakat.

   Namun, di masa pandemi ini penjualan produk menurun. "Sebenarnya saya sudah mau berhenti produksi opak mbak karena selama Covid penjualan menurun, ini hanya menghabiskan stok singkong. Tapi syukur kalau mbak mau membantu pemasaran opak, semoga kembali laku dan saya semangat produksi lagi.", ujar Mak Sunarti, produsen opak (15/04). 

   Dengan jiwa berwirausaha, para mahasiswi memberi solusi  dengan membuat personal branding dan pemasaran secara online. Opak yang hanya ditali dengan rumput jepang oleh Mak Sun, kini dikemas menggunakan plastik serta diberi branding oleh kelompok PMM. Pemasaran produk pun dilakukan melalui media online (youtube, instagram, dan whatsapp). Diharapkan opak singkong kian dikenal masyarakat luas dan produksi tetap berjalan. 

Kegiatan lengkap dan keseruan lainnya dapat dilihat di instagram : pmm.wonokerto_80.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x