Mohon tunggu...
Nada Nur Aini (21104080054)
Nada Nur Aini (21104080054) Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi UIN Sunan Kalijaga

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Selanjutnya

Tutup

Ramadan

Kondisi Lalu Lintas di Akhir Arus Mudik Lebaran 2024

15 April 2024   17:40 Diperbarui: 15 April 2024   20:01 189
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Gambar: Dokumen Pribadi

Momen arus bali mudik lebaran 2024 di area jalan Jogja-Solo khususnya di daerah Prambanan cukup ramai. Terdapat kemacetan panjang arah timur ke barat di lampu merah pertigaan Prambanan dekat masjid raya Al-Muttaqun Prambanan hingga lampu merah perempatan arah stasiun Brambanan dan siang tadi kami jumpai kemacetan terjadi sampai depan RS PKU Muhammadiyah Prambanan.

Lampu lalu lintas di perempatan arah stasiun Brambanan sedang tidak digunakan atau menyala kuning kedip-kedip bertanda hati- hati karena diberlakukan tutup jalan untuk kanalisasi dengan water barrier sehingga pengendara dari arah utara tidak bisa menyebrang langsung ke barat karena jalan ditutup. Begitu pula sebaliknya bagi pengendara dari arah barat atau arah stasiun Brambanan tidak bisa menyebrang langsung ke arah utara karena jalan tertutup oleh pembatas jalan atau water barrier.

Mengutip dari berita Harian Jogja, Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Sleman bernama Marjanto mengutarakan pengaruh adanya jalur Tol Jogja- Solo yang sudah dioperasikan lagi pada hari Jumat 12 April 2024 hingga Senin 15 April 2024 ini dengan volume kendaraan di wilayah Prambanan yaitu berpengaruh secara fungsional pada volume kendaraan di wilayah Prambanan sebagai pintu perbatasan antara wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah.

Menurut Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) DIY bernama Rizki Budi Utomo dalam wawancara di Harian Jogja 3 April 2024 mengutarakan bahwa kawasan simpang Prambanan akan menjadi titik krusial karena beban volume kendaraan dari jalan tol fungsional ketika lebaran seluruhnya akan melewati kawasan itu. Kemudian jika terjadi kemacetan parah di area simpang Prambanan pak Rizki mengatakan "Kendaraan dari arah timur (Klaten) nanti akan kami belokkan ke kiri ke Selatan atau ke arah Candi Ratu Boko kemudian dari sana bisa memilih jalan alternatif untuk bisa masuk ke wilayah Jogja."

Adapun kondisi volume kendaraan dari arah barat yaitu dari arah Jogja ke timur yaitu arah Klaten dan Solo di Jalan Raya Jogja-Solo terpantau cukup ramai lancar. Di wilayah Prambanan sendiri terlihat banyak kendaraan yang akan memasuki  Candi Prambanan. Menurut Okezone.com sejak Lebaran hari kedua hingga keempat jumlah pengunjung Candi Prambanan mencapai 14 ribu pengunjung. Para pengunjung yang memadati area jalanan sekitar Prambanan menuju pintu masuk Candi Prambanan tidak hanya dari warga Yogyakarta namun ada juga pengunjung yang berasal dari Jakarta bahkan dari luar negeri. 


Volume kendaraan yang melaju ke arah barat cukup ramai dipadati oleh banyak pendukung atau suporter dari PSS Sleman yang akan berlaga di stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah pada hari Senin 15 April 2024 sore ini. Para pemain PSS Sleman akan bertanding melawan Arema FC dalam lanjutan BRI liga 1 2023/2024 pekan ke- 31. Para suporter terlihat berbondong-bondong bergerak dari barat menuju timur dengan berbagai transportasi. 

Terlihat tadi siang para suporter sudah banyak memadati Jalan Raya Jogja-Solo. Ada yang berangkat menggunakan mobil pribadi, menyewa bus untuk satu rombongan, dan banyak diantara mereka menggunakan motor bersama-sama menuju stadion Manahan Solo.

Sumber Gambar: Dokumen Pribadi
Sumber Gambar: Dokumen Pribadi

Kami berharap suasana arus balik mudik lebaran tahun ini ditutup dengan rasa damai, tentram, dan nyaman. Karena pada hari inilah libur cuti bersama lebaran tahun ini berakhir dan hari esok sudah mulai beraktifitas seperti biasanya. Besar harapan kami agar para pengemudi selalu berhati-hati dan waspada saat mengemudi di jalan raya sehingga tidak ada kecelakaan dan kejadian yang tidak kita harapkan.  

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun