Mohon tunggu...
Nada Nadhifah
Nada Nadhifah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Freelance Content Writer

Jangan diliat aja, ayo saling follow dan saling membantu!

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Mengapa Kita Perlu Mempelajari Ruang Lingkup Perusahaan Sebelum Bekerja?

23 Mei 2023   13:28 Diperbarui: 23 Mei 2023   13:35 237
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi seorang pria sedang mempelajari perusahaan yang dituju untuk memulai kerja | Sumber: pexels/andrea piacquadio

Sebelum memulai bekerja di sebuah perusahaan, penting bagi kita untuk mempelajari dan memahami perusahaan tersebut dengan baik. Mengapa penting? Berikut ini beberapa alasan mengapa kita perlu mempelajari perusahaan sebelum bekerja!

1. Pemahaman tentang Budaya Perusahaan

Setiap perusahaan memiliki budaya dan nilai-nilai yang unik dan berbeda dengan perusahaan lain. Dengan mempelajari perusahaan dahulu, kita dapat memahami budaya perusahaan tersebut. Budaya perusahaan mencakup cara kerja, etika kerja, nilai-nilai yang dianut dan norma-norma yang berlaku. Pemahaman ini akan membantu kita beradaptasi lebih baik dengan lingkup kerja baru dan menjalankan tugas dengan efektif.

2. Persiapan dalam Menghadapi Tantangan

Dengan mempelajari perusahaan sebelumnya, kita dapat memahami tantangan yang mungkin dihadapi dalam bekerja. Misalnya, jika perusahaan memiliki pasar yang sangat kompetitif, kita dapat mempersiapkan diri dengan keterampilan dan pengetahuan yang relevan untuk bersaing di dunia kerja. Memahami tantangan yang ada juga dapat membantu kita mengembangkan strategi dan solusi yang tepat dalam menghadapi masalah di tempat kerja.

3. Identifikasi Kesesuaian dan Kepentingan

Memahami perusahaan sebelum bekerja juga membantu kita mengidentifikasi kesesuaian dan kepentingan kita dengan perusahaan kita bekerja. Apakah visi dan misi perusahaan sejalan dengan nilai-nilai pribadi kita? Apakah perusahaan memberikan kesempatan pengembangan karier yang sesuai dengan tujuan jangka panjang kita? Mengidentifikasi kesesuaian dan kepentingan ini penting untuk memastikan kita dapat berkontribusi secara maksimal dan merasa puas dalam pekerjaan.

4. Persiapan dalam Berinteraksi dengan Rekan Kerja

Mempelajari perusahaan sebelumnya juga membantu kita memahami profil rekan kerja yang mungkin akan kita temui. Dengan mengetahui struktur organisasi, peran dan tanggung jawab masing-masing orang, serta dinamika kerja tim, kita dapat mempersiapkan diri untuk berinteraksi serta bekerjasama dengan rekan kerja secara efektif. Hal ini akan memfasilitasi kolaborasi yang baik dan membangun hubungan yang positif di tempat kerja.

5. Memperoleh Keunggulan Kompetitif

Pengetahuan tentang perusahaan sebelum bekerja memberikan kita keunggulan kompetitif bahkan memudahkan dalam proses rekrutmen dan seleksi. Saat menghadiri wawancara kerja atau mengajukan pertanyaan kepada pewawancara(HRD atau User), kita dapat menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang perusahaan dan komitmen kita berkontribusi terhadap perusahaan tersebut. Ini akan meningkatkan peluang kita untuk sukses dalam mendapatkan posisi yang diinginkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun