Mohon tunggu...
Nada Nadhifah
Nada Nadhifah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Freelance Content Writer

Jangan diliat aja, ayo saling follow dan saling membantu!

Selanjutnya

Tutup

Artificial intelligence Pilihan

Pengaruh Artificial Intelligence dalam Mengubah Kehidupan Manusia Sehari-hari

9 Mei 2023   21:34 Diperbarui: 9 Mei 2023   21:48 497
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi robot AI yang saat ini memiliki dampak perubahan dalam kehidupan manusia | Sumber: pexels/alex knight

Artificial Intelligence atau dikenal AI adalah teknologi komputer yang mampu untuk meniru kecerdasan manusia dalam berbagai aspek contohnya seperti pengenalan suara, pemrosesan bahasa alami dan pengambilan keputusan serta pemecahan masalah. Penggunaan AI telah membawa perubahan signifikan dalam kehidupan manusia sehari-hari. Apa sajakah itu? Berikut beberapa pengaruh dari AI dalam mengubah kehidupan manusia sehari-hari!

1. Memudahkan dan Mempercepat Pekerjaan Manusia

AI telah membantu mempermudah dan mempercepat banyak tugas manusia. Contohnya, dengan adanya chatbot yang menggunakan teknologi AI, konsumen dapat mengajukan pertanyaan atau permintaan layanan kapan saja tanpa harus menunggu petugas layanan pelanggan yang tersedia.

2. Kontribusi AI pada Bidang Kesehatan

AI juga telah memberikan pengaruh dalam bidang kesehatan. Dengan bantuan AI, dokter dapat mendiagnosis penyakit dengan lebih cepat dan akurat. Contohnya, teknologi AI dapat membantu mengidentifikasi gambar medis seperti X-ray, CT scan, dan MRI dengan lebih efisien.

3. Membantu dalam Bidang Transportasi

AI juga membantu dalam bidang transportasi. Contohnya, mobil yang menggunakan teknologi AI dapat melakukan navigasi, menghindari rintangan, dan bahkan melakukan parkir dengan sendirinya.

4. AI Memberikan Kontribusi pada Industri Keamanan

AI juga telah memberikan pengaruh pada industri keamanan. Dalam industri keamanan, teknologi AI digunakan untuk mendeteksi ancaman dan potensi pelanggaran keamanan, serta mencegah tindakan kriminal.

Selain memberikan kontribusi yang positif di berbagai bidang pekerjaan, ternyata pengaruh AI juga memiliki dampak negatif lho, seperti meningkatnya pengangguran akibat pekerjaan yang digantikan oleh teknologi AI. Oleh karena itu, perlu adanya regulasi yang tepat dalam penggunaan teknologi AI untuk memastikan dampaknya tidak merugikan masyarakat.

Berdasarkan kesimpulan, AI telah memberikan pengaruh maupun dampak besar dalam kehidupan manusia sehari-hari. Teknologi AI membantu mempermudah dan mempercepat pekerjaan manusia, serta memberikan manfaat dalam bidang kesehatan, transportasi, dan industri keamanan. Namun, perlu diingat dan diketahui bahwa penggunaan AI juga memiliki dampak negatif dan perlu diatur dengan baik untuk menghindari kerugian bagi masyarakat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Artificial intelligence Selengkapnya
Lihat Artificial intelligence Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun