Mohon tunggu...
nada Tputri
nada Tputri Mohon Tunggu... -

Mahasiswi Universitas Atma Jaya Yogyakarta'15 Let's be friend! Ig : @nadatputri

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Ini Dia Jenis-jenis "Pasien" Dalam Komunikasi Lingkungan

18 November 2017   22:38 Diperbarui: 18 November 2017   22:40 1060
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

VARIETAS AUDIENSI KESEHATAN

Individu dapat dikatakan sebagai konsumen barang dan jasa kesehatan. Namun, profesional kesehatan dan fasilitas juga merupakan konsumen utama
barang dan jasa di bidang kesehatan. Mereka adalah orang-orang yang meciptakan kesehatan untuk diri mereka sendiri, para konsumen kesehatan masuk dalam berbagai kategori yang berbeda-berbeda, masing-masing memiliki kebutuhan khususnya. Kategori ini dibagi menjadi 3 bagian yaitu; sedang, rajin dan malas untuk mengecek kesehatan.

 

Jenis konsumen pertama adalah mereka yang sangat jarang sekali ke rumah sakit. Tetapi ketika sekalinya mereka memeriksakan diri, mereka mendapatkan penyakit yang bahaya  dan ketika hal itu terjadi, mereka membutuhkan tenaga, peralatan, dan personel yang berdedikasi fasilitas untuk manajemen mereka. 

Yang kedua, mereka yang seing atau rutin memeriksakan kesehatannya secara intensif. Ciri kedua ini adalah mereka  yang menyempatkan diri untuk melakuka perawatan di dokter, klinik, atau pusat terapi. Yang terakhir, konsumen yang menginginkan pilihan jarang menginginkan pelayanan kesehatan. Mereka menganggap kesehatan itu tidak terlalu penting untuk diperiksakan, atau biasa disebut "medially necessary" atau orang yang butuh dan  tidak  membuatuhkan pelayanan kesehatan.

Tidak sedikit orang yang menyembuhkan dirinya sendii, mereka mendiagnosa sendiri penyakitnya. Seperti; batuk, mereka langsung membeli obat batuk, tidak perlu periksa ke dokter. Disisi lain ada juga istilah "pasien", istilah ini digunakan untuk mempermudah orang lain memberikan istilah dalam perawatan kesehatan kontemporer. Istilah-istilah tersebut adalah;

  • Konsumen
  • biasanya digunakan dalam perawatan kesehatan, mengacu pada individu atau organisasi yang merupakan calon pembeli produk kesehatan, ex; obat. Konsumen kesehatan seringkali merupakan pengguna akhir dari sebuah barang atau jasa tapi mungkin belum tentu menjadi pembeli. Mereka bisa saja hanya menjual produk saja atau hanya memeriksakan kesehatan.
  • Pelanggan
    biasanya pelanggan, dalam perawatan kesehatan disebut sebagai pembeli. Mereka adalah orang yang sering datang untuk konsultasi kesehatan atau mengunjungi rumah sakit. Rumah sakit dan organisasi kesehatan kompleks lainnya cenderung melayani berbagai pelanggan. termasuk pasien, staf dokter, rencana kesehatan, pengusaha dan berbagai pihak lain yang dapat membeli barang atau jasa dari organisasi. Untuk alasan ini, Proses identifikasi pelanggan di bidang kesehatan lebih rumit daripada itu ada di industri lain.
  • Klien
    jenis pelanggan yang mengkonsumsi jasa daripada barang.
    Hubungan klienlebih ke interaksi pribadi (bukan impersonal) dan hubungan yang sedang berlangsung (bukan episodik). Seorang klien cenderung memiliki hubungan yang setara dan sejajar dengan penyedia layanan. "Klien'' juga lebih dihormati. Contoh: kampus dan sekolah bisa menjadi klien di rumah sakit ketika beobat dalam jangka panjang spt menggunakan obatnya, mereka memiliki layanan yang lebih tinggi dibanding customer dan saling menguntungkan.
  • Pasien
    istilah "pasien" digunakan agak longgar dalam diskusi informal,
    Seorang pasien secara teknis adalah seseorang yang telah masuk formal sistem perawatan kesehatan. Secara teknis, seorang individu yang memiliki penyakit dan tidak menjadi pasien sampai dokter secara resmi menunjuk ia sebagai pasien, mereka masih bisa obat bebas atau melakukan perawatan untuk diri sendiri. Seornag pasien juga tidak selalu harus dirawat oleh dokter.
  • Enrollees (pendaftar/anggota) : Mereka adalha orang-orang yang menjadi anggota untuk asuransi kesehatan, mereka memiliki kontrak dengan asuransi ini. Asuransi dikelola sebagai kekuatan utama dalam perawatan kesehatan, organisasi kesehatan lainnya juga sudah mulai melakukan ini.
  • Pengguna akhir : Istilah ini biasanya tidak digunakan oleh profesional kesehatan selain pemasar. Dalam perawatan kesehatan, Pengguna akhir biasanya adalah pasien yang merupakan penerima langsung sebuah layanan kesehatan atau konsumen akhir dari produk kesehatan obat counter. Pengguna akhir juga bisa berbentuk kesehatan rencana enrollee yang akhirnya mengajukan klaim untuk melakukan check-up.

AUDIENSI PROFESIONAL DAN INSTITUSI

Seperti disebutkan di atas, pengguna akhir barang dan layanan kesehatan hanya mewakili satu jenis "pasien" yang ditemukan di bidang kesehatan. Meskipun dokter dianggap sebagai penyedia layanan dan bukan konsumen mereka, praktik dokter dapat dipandang sebagai pelanggan oleh banyak pihak lainnya.

Banyak dokter bergantung pada arahan dari dokter lain dan mereka yang merujuk untuk mewakili pelanggan. Para dokter tersebut bekerja sama satu sama lain.

Dokter juga pelanggan untuk vendor teknologi informasi yang menjual sistem manajemen praktik pelayanan, sistem pencitraan, atau elektronik catatan pasien. Mereka haru dapat menjaga rahasia paien, karena dengan ini pasien dapat percaya dengan dokter.

AUDIENCES LAINNYA

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun