Mohon tunggu...
sisauza
sisauza Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa semester berapa hayoo

Tujuan utama dalam setiap tulisan yang saya bagi adalah memenuhi kewajiban untuk mengumpulkan tugas ataupun UAS. Jadi mohon maaf jika masih banyak kekurangan dari tulisan saya!

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Persiapan Memelihara Kucing

14 April 2022   22:10 Diperbarui: 14 April 2022   22:14 74 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Life hack. Sumber ilustrasi: PEXELS/SeaReeds

Terkadang untuk sebagian orang menganggap bawah merawat binatang peliharaan adalah hal yang mudah. Namun dibalik itu untuk merawat binatang peliharaan, salah satunya kucing sebenarnya banyak sekali hal yang harus dipersiapkan. Karena jika tidak dipersiapkan terlebih dahulu yang ditakutkan adalah majikan yang tidak sanggup merawat kucing yang akhirnya menelantarkan kucing hingga akhirnya menyakiti kucing peliharaan tersebut. Berikut merupakan hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum memutuskan untuk memelihara kucing!

1. Kesiapan diri

Hal ini merupakan aspek yang perlu dipikirkan secara matang sebelum mengambil keputusan untuk merawat kucing. Pada dasarnya, kita harus merawat, menjaga dan menyayangi mereka dalam kondisi apapun hingga ajal menjemput. Kesabaran adalah salah satu kunci untuk memelihara binatang peliharaan apa saja, karena tidak semua owner memiliki kesabaran dalam merawat binatang peliharaan. Tidak jarang banyak owner merasa keberatan untuk merawat peliharaanya dengan kondisi yang sudah tua, lalu jalan pintasnya peliharaan tersebut dibuang dengan alasan sudah tidak lucu lagi yang mengakibatkan mereka mati di alam liar. Karena jika diri kita sendiri belum siap untuk merawat binatang peliharaan hal ini akan memberikan dampak buruk pada mereka dan lingkungan sekitar. 

2. Waktu 

Hal ini masih memiliki kaitan dengan kesiapan diri. Jika diri kita sudah siap menerima konsekuensi untuk mengadopsi kucing, maka kita harus meluangkan waktu untuk merawat, menjaga dan menyayangi mereka apa lagi ketika mereka sedang sakit. Kita harus meluangkan waktu untuk merawat kucing yang sedang sakit karena waktu yang dibutuhkan untuk merawat mereka hingga sembuh sangat lah banyak. 

3. Uang

Mungkin banyak orang menganggap bahwa kucing adalah hewan yang jika dipelihara memiliki anggaran yang sedikit karena banyak orang bilang 'ah makanya aja cuma nasi sama ikan cuek', hal ini adalah kesalahan besar. Pada kenyataanya untuk merawat kucing banyak sekali keperluan yang harus dipenuhi mulai dari kesehatan kucing (vaksin, sterilisasi ataupun check up jika sedang sakit), perawatan badan (tissue basah dan sabun mandi), vitamin, perawatan gigi (oxfresh, odol dan sikat gigi), pasir gumpal ataupun isian litter box lainya, makanan kucing (dryfood dan wetfood) dan kandang. 

4. Pengetahuan Dasar Merawat Kucing 

Sebelum mengadopsi kucing alangkah baiknya kita mencari tahu terlebih dahulu apa yang menjadi dasar dalam merawat kucing, agar nantinya tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. Seperti memjaga kebersihan litter box dengan membersihkanya 2x sehari, tidak membiarkan kucing bepergian keluar rumah tanpa sepengatahuan owner, memberikan obat cacing, melakukan sterilisasi, membersihkan paws kucing ketika mereka pulang ke rumah setelah pergi ke luar, memberikan vitamin setiap hari, membersihkan dan memandikan kucing, dan melakukan vaksinasi lengkap. 

Pada dasarnya merawat binatang peliharaan merupakan salah satu wujud dari 'cinta tanpa syarat'. Mungkin secara kasat mata mereka tidak bisa memberikan kita apapun, baik materi baik barang ataupun uang. Mahal sebaliknya, kita yang mengeluarkan uang dengan jumlah tidak sedikit untuk merawat mereka baik dalam kondisi sehat ataupun sakit ataupun harus mengganti rugi sofa yang sudah belel jahitanya. Tetapi tahu kah kamu bahwa untuk mereka kita adalah dunianya, karena telah merawat, menjaga serta memberikan kasih sayang yang mungkin saja tidak mereka dapatkan dari induknya. Bagaimana! Tertarik memelihara kucing?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan