Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan lingkungan belajar tiga dimensi (kincir air kecil).
pembangkit listrik) untuk material Kelas IV, Topik 2 selalu hemat energi. Penelitian ini adalah penelitian dan
Pengembangan menggunakan model Borg & Gall. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Daftar pertanyaan Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa miniatur kincir air yang dikembangkan dapat beroperasi menghasilkan lingkungan belajar
kata yang layak. Hal ini dibuktikan dengan hasil validasi ahli media yang memenuhi kriteria
baik (4,21), hasil validasi dari ahli materi terintegrasi sangat baik dengan kriteria (4,83), hasil tes
Orang yang termasuk kriteria sangat baik (4,97) termasuk hasil tes kelompok
kriteria sangat baik (4,63) dan hasil uji lapangan termasuk dalam kriteria sangat baik (4,68).
Kurikulum merupakan bagian penting
dalam pendidikan. Semua fungsi
Pembelajaran diatur dalam kurikulum. kurikulum
digunakan sebagai alat bantu jalan
belajar bagaimana mencapai tujuan ini
ketika. UU nomor 20
Tahun 2003 Pasal 19 Pasal 1 tentang Pendidikan
Nasional mengatakan kurikulum itu
ada satu set alat disertakan
Tujuan, isi dan bahan pembelajaran serta metode
digunakan sebagai panduan
mencapai tujuan pendidikan. di Indonesia
Beberapa perubahan dilakukan pada kurikulum
waktu Kurikulum terbaru diterapkan di
Indonesia adalah Kurikulum 2013.
Kurikulum 2013 adalah kurikulum
dengan pendekatan tematik terpadu
Ini berarti bahwa setiap pelajaran diatur sedemikian rupa
pada subjek. Mata pelajaran apa
sebelumnya merupakan bentuk bawaan yang terpisah
Tema, jadi temanya satu demi satu
topik lain terkait. Oleh
Lakukan kegiatan belajar di dalam
Kurikulum 2013 menawarkan banyak hal
Menjadi buku guru dan buku siswa
memudahkan guru dan siswa
Kegiatan Pembelajaran.
media pembelajaran menjadi bagianyang sangat penting dalam pembelajaran.
Adanya lingkungan belajar, kemauan untuk belajar
lebih beragam, sehingga jumlah siswa lebih banyak
minat belajar. Ada beberapa jenis
Media pembelajaran yang bisa diterapkan
sesuai dengan materi yang akan diajarkan
(1) media grafis (2) media fotografi (3) media
tiga dimensi (model padat, model penampang,
Model Stackable, Model Kerja, Model, Diorama) (4)
Media Proyeksi (5) Media Suara dan Lingkungan
sebagai alat pengajaran (Sudjana & Rivai, 2010
Media Pembelajaran Miniatur Sepeda Air
Pembangkit listrik termasuk dalam tiga media
Dimensi dalam bentuk model. koleksi
adalah tiruan dari kenyataan
Hanya bagian terpenting yang siap
sesederhana mungkin untuk memudahkan pembelajaran
(Hujair Ah Sanaky, 2013:
132). pilihan
Pengembangan lingkungan belajar kecil
kincir air pembangkit listrik ini sudah waktunya
Sejauh ini belum ada rendering sepeda air tersebut
siswa dapat melihat secara langsung.
Media Pembelajaran Miniatur Sepeda Air
Pembangkit listrik ini belum dikembangkan
sebelumnya, sehingga lingkungan belajar ini
akan ada inovasi dalam dunia pendidikan
yaitu sebagai media massa
bahan Lingkungan belajar ini telah dikembangkan
mengutamakan fleksibilitas,
Kemiripan dengan kincir air generator
listrik yang sebenarnya serta kejelasan masing-masing
komponennya, yaitu siswa
untuk mengetahui komponen-komponennya
pembangkit listrik tenaga air. Ditambah media
Belajar menggunakan miniatur generator kincir air
Listrik juga dikembangkan
mengadaptasi pembelajaran tematik kelas IV
apalagi topik 2 selalu hemat energi,
Subtopik 3 Energi Alternatif, Pembelajaran 1.
Sebagai contoh miniatur lingkungan belajar
roda air listrik ini
dikembangkan dari bahan transparan
Siswa dapat menggunakan bahan transparan ini
Cari tahu apa yang terkandung dalam setiap komponen
sehingga siswa dapat menunggu
Memahami bagaimana kincir air menghasilkan listrik
Adapun cara membuat alat peraga nya
1. bolongi tutup aqua dan letakkan lidi di dalam bolongannya
2. lalu ambil 2 tutup botil yang berbeda kemudia bolongi sesuai dengan berapa banyak pada saat langka pertama
3. lalu ambil stick dan potong sesuai ukuran untuk membuat tiang penyangga kincir air
4. lalu satukan potongan stick-stick ice tadi dan bentuklah seperti tiang untuk penyangga