Mohon tunggu...
Nabil bilanur
Nabil bilanur Mohon Tunggu... Mahasiswa Uin Malang ( PBA)

hidup sekali hiduplah yang berarti

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Review Buku "Orientasi ke Arah Pemahaman Filsafat Ilmu"

17 Februari 2020   23:14 Diperbarui: 17 Februari 2020   23:14 55 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Review Buku "Orientasi ke Arah Pemahaman Filsafat Ilmu"
PENERBIT : PRENADAMEDIA GRUP

JUDUL                   : ORIENTASI KE ARAH PEMIKIRAN FILSAFAT ILMU

PENULIS               : Prof. Dr. Mukhtar Latif, M.Pd

PENERBIT            : PRENADAMEDIA GRUP

TEBAL BUKU       : 340 Hal

BAB 1 : HAKIKAT FILSAFAT ILMU : PENGERTIAN, CAKUPAN, OBJEK METODE, DAN TUJUAN

 Pada hakikatnya filsafat berasal dari kata philos dan sophos yang masing- masing artinya adalah cinta dan kebajikan. Inti dari filsafat ialah memberdayakan kekuatan berpikir dalam melahirkan suatu keputusan yang bijak berupa kebenaran tentang suatu hal. dalam islam ahli filsafat disebut dengan Filsuf.

Filsafat ilmu itu secara umum dapat dipahami dari dua sisi, yaitu sebagai disiplin ilmu dan sebagai landasan filosofi bagi proses keilmuan. Sebenarnya cakupan filsafat sangatlah banyak, namun tetap saja berputar disekitar lapangan utama filsafat, yakni seputar logika, etika, estetika, fisika,dan metafisika. Meskipun para ahli mempunyai cakupan pembahasan yang berbeda tapi esensinya hanya bergerak pada konstruk filsafat, yaitu ontologis, epistemologis, dan aksiologis.

Objek setiap ilmu terdiri dari dua objek, yaitu : a) Objek material filsafat ilmu yaitu pengetahuan itu sendiri, b.) Objek formalnya adalah sudut pandang dari subjek menelaah objek materialnya. Sedangkan metode yang digunakan adalah pendekatan rasional digabungkan dengan pengalaman empiris. Tujuan mempelajari filsafat ilmu adalah mencegah agar tidak berpikir secara murni tanpa mengaitkan dengan kenyataan yang ada di luar.

Metode filsafat yang sering dipakai adalah metode kritis, intuitif, skolastik, geometri, dan dialektis. Sedangkan tujuan dari filsafat adalah sebagai pijakan dasar dan juga sebagai penyadaran konseptual terhadap seseorang yang hanya berpikir murni tanpa melihat keadaan luarnya.

BAB 2 : FILSAFAT DAN SEJARAH PERKEMBANGAN ILMU

Esensi filsafat yaitu telaah kefilsafatan tentang suatu objek tertentu yang mengandalkan pemikiran yang mendalam dengan menggunakan hukum skeptis dan dialektika untuk melahirkan sesuatu ilmu yang melandaskan objeknya pada Tuhan, alam, dan manusia. Ilmu filsafat muncul sejak abad ke-7 SM. Filsafat biasa diklasifikasikan menurut daerah geografis dan latar belakang budaya. Dewasa, filsafat secara umum dibagi menjadi : 1) filsafat barat yang terbagi menjadi lima tahapan, pertama, filsafat yunani kuno, yunani, abad pertengahan, modern, postmodern atau kontemporer. 2) filsafat timur, di bagian ini filsafat ini cirinya adalah karna pernah dipengaruhi filsafat dengan agama, negara yang termasuk adalah china, india, indonesia, dan negara-negara asia.3) filsafat timur tengah, dibagian ini disebutkan bahwa filsafat timur tengah dikatakan sebagai ahli waris tradisi filsafat barat.Sedangkan menurut pandangan agama filsafat dibagi menjadi 4) filsafat islam, filsafat hindu, filsafat budha, filsafat kristen. Pengetahuan adalah hasil tahu manusia terhadap sesuatu atau segala perbuatan manusia untuk memahami suatu objek yang dihadapinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x