Mohon tunggu...
Nabila SalsabilaSS
Nabila SalsabilaSS Mohon Tunggu... Seorang yang selalu haus ilmu

Writer, dancer and traveler

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Ketahuan Curang Pakai Joki dan Gawai, Peserta UTBK Ini Viral dan Rugi Puluhan Juta Rupiah!

19 April 2021   23:48 Diperbarui: 20 April 2021   00:31 163 1 0 Mohon Tunggu...


Per-joki-an merupakan hal yang kerap kali menjadi isu hangat dan sangat erat kaitannya dengan persoalan ujian. Joki seringkali menjadi jalan pintas bagi orang-orang berduit yang ingin mendapatkan skor ujian yang setinggi mungkin namun merasa ragu, takut gagal, dan merasa belum siap menghadapi ujian yang akan dihadapinya. 

Baru-baru ini (16/04/2021) saat pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), warganet dihebohkan oleh  sebuah foto yang beredar di sosial media yang menunjukkan barang bukti hasil praktik perjokian.

Baju beserta alat-alat tersebut rupanya milik seorang peserta UTBK yang berniat masuk ke Fakultas Kedokteran di Universitas Hasanuddin. Menurut pengakuan pelaku, ia sudah membayar uang muka senilai 50 juta rupiah dari total harga 300 juta rupiah agar dapat dibantu masuk ke perguruan tinggi yang dia inginkan.

Pelaku berinisial VO (18) melakukan kecurangannya dengan memodifikasi baju kaos, gawai, serta headset yang dapat merekam gambar soal lalu mengirimkannya ke sang joki.

Usaha licik tersebut ternyata terendus oleh pengawas UTBK-SBMPTN di SMK negeri 3 Palu dan berhasil digagalkan. Kini, peserta curang tersebut harus menelan rugi puluan juta rupiah serta mendapat blacklist dari pihak LTMPT.

Sejumlah komentar warganet pun terlihat di akun Instagram @infomasukptn mulai dari komentar yang merasa miris hingga komentar nyeleneh.

 "300 jt ke joki ... Dahlah, mendingan cari kampus swasta" ungkap akun @windifit

"Udah bayar mahal-mahal, bukannya masuk univ malah nganggur ... Awokawokawok mending uangnya dipakai untuk bisnis yekan" @rrx.jp

"Apa dia tidak takut dimarahin Tuhan? :(" @stroberliebii

Adapun terlihat hasil tangkapan layar pada gambar yang diunggah akun Instagram @infomasukotn berisi :

"Pesan moral buat adek-adek ku sekalian, tetap fokus belajar. Yakin pada kemampuan kalian, selalu percaya diri, dan ingat jangan pernah melupakan do'a kepada sang penentu takdir kalian."

VIDEO PILIHAN