Mohon tunggu...
Nabila SofiaAnnisa
Nabila SofiaAnnisa Mohon Tunggu... Mahasiswa

The Dreamer

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mengenal "Sang Pembawa Pesan" A.K.A Neurotransmiter

28 Februari 2021   18:54 Diperbarui: 28 Februari 2021   19:51 86 8 0 Mohon Tunggu...

Anak lulusan SMA kejuruan IPA tentunya pernah mempelajari tentang bab ini. Tentu tidak asing bukan bagi mereka dengan pengertian mengenai Neurotransmiter dan beberapa hal didalamnya. 

Namun bagi kaum awam seperti anak jurusan lain hal ini masih sukar untuk ditangkap dan dimengerti. Sebab bab ini tidak dipelajari oleh mereka. 

Tapi hal ini juga tak menjadi alasan untuk tetap tidak mengetahuinya bukan ?. Karena membaca merupakan jendela dunia, maka memperluas dan menambah wawasan dengan membaca tulisan ini adalah hal yang sama baiknya. Yuk simak penjelasan dibawah ini!

Pengertian Neurotransmiter

Neurotransmitter ini merupakan senyawa yang memiliki kedudukan yaitu berperan penting untuk mengatur sistem tubuh dalam kinerjanya pada otak manusia. Neurotransmiter memiliki tugas sebagai senyawa kimia yang menjadi pengantar atau penyampai pesan antara satu sel dengan sel yang lain, lebih tepatnya ialah sel saraf neuron dengan sel saraf target. Beberapa sistem tubuh yang dimaksud yaitu detak jantung, nafsu makan, siklus tidur, pernapasan, pencernaan, mood atau suasana hati, konsentrasi dan gerakan otot pada tubuh manusia.

Ada beberapa macam Neuortransmiter yang perlu kita ketahui yaitu;

1. Neurotransmiter Eksitasi

Ia memiliki peran sebagai pendorong neuron target untuk dapat melakukan sebuah aksi. Contoh dari neurotansmiter yang terkenal dari eksitasi ini ialah norepinefrin

2. Neurotransmiter Inhibisi

Peran Neurotransmiter ini berlawanan dengan eksitasi. Sebaliknya, inhibisi ini dapat menjadi penghambat aktivitas neuron. Contoh dari Neurotansmitter ini ialah serotonin.

3. Neurotransmitter Modulator

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x