Mohon tunggu...
Avana
Avana Mohon Tunggu... Novelis - -

Membaca adalah jendela dunia

Selanjutnya

Tutup

Home Pilihan

5 Cara Mudah Merawat Kompor Supaya Awet

30 September 2022   17:16 Diperbarui: 3 Oktober 2022   09:26 92 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saya merupakan tipe orang yang jarang sekali membeli perlengkapan rumah, termasuk alat masak. Menurut saya, lebih baik langsung membeli peralatan masak yang kualitasnya tinggi saja supaya bisa dipakai selama bertahun-tahun, walaupun harganya lebih mahal. 

Nah, kebetulan, beberapa tahun lalu saya sempat membeli kompor baru. Namun, saya cukup kaget dengan kenyataan bahwa kompor tersebut hanya bertahan selama 1 tahun saja. 

Setelah mencari tahu, ternyata keawetan kompor bukan karena kualitasnya yang buruk, tetapi karena kesalahan pribadi saya yang tidak merawat kompor dengan baik.

Yap! Nyatanya, kita harus menggunakan kompor dengan baik kalau mau awet selama bertahun-tahun. Maka dari itu, saya ingin membagikan beberapa cara mudah yang saya terapkan untuk merawat kompor di rumah.

Yuk, simak artikelnya sampai habis, ya!

1. Gunakan Wajan yang Tepat

Saat memasak, kompor saya sering kali kotor dari cipratan minyak atau air yang mendidih. Ternyata, cipratan tersebut memiliki efek negatif yang bisa menimbulkan kerak di permukaan kompor, lho. 

Maka dari itu, saya menyarankan agar kamu menggunakan panci dan wajan yang cukup besar dalam selama proses memasak untuk mencegah adanya percikan dari efek mendidih. Kamu juga bisa menggunakan tutup panci selama memasak.

Sumber: ruparupa.com
Sumber: ruparupa.com

2. Bersihkan Noda Secepatnya

Memang, adanya percikan atau tumpahan selama proses memasak tidak bisa kita hindari sepenuhnya. Saya pun sering menumpahkan kuah sup secara tidak sengaja. Namun, saya selalu berusaha untuk membersihkan segala noda cipratan di kompor secepat mungkin supaya tidak meninggalkan bekas.

Nah, kamu pun bisa menyediakan lap di atas meja dapur agar bisa membersihkan noda dengan cepat.

3. Gunakan Spons Untuk Membersihkan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Home Selengkapnya
Lihat Home Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan