Mohon tunggu...
Nabila Amalia Supyana
Nabila Amalia Supyana Mohon Tunggu... Lainnya - Freshgraduate of Social Worker

write is a part of journey

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

5 Tips Menjalani Hidup dengan Lebih Baik

2 Februari 2023   10:55 Diperbarui: 2 Februari 2023   11:22 158
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi wanita tersenyum (pexels.com)

Hidup memang bukan soal bahagia saja. Adakalanya kita merasa terpuruk atas kejadan yang menimpa dan merasa sedih dalam hidup. Untuk itu, kita harus menjalani hidup dengan lebih baik agar mencapai tujuan di masa mendatang. Untuk mengetahui tips nya, simak sampai habis ya.

1. Manajemen waktu yang baik

Setiap manusia mempunyai waktu yang sama yaitu 24 jam setiap harinya, baik anak-anak, remaja, dewasa bahkan lansia. perbedaannya adalah waktu yang digunakan atau kegiatan apa yang dlakukan untuk menghabiskan waktu tersebut. 

Manajemen waktu dibutuhkan komitmen dari dalam diri sendiri untuk mewujudkannya. Apabila kita dapat disiplin waktu, lama-kelamaan kita akan menikmati proses tersebut dalam menjalankan hidup yang lebih baik.

2.Mempunyai rencana setiap harinya

Tujuan hidup menjadi hal utama dalam menjalankan hidup yang lebih baik. Manusia terkadang tidak punya tujuan dan hanya menjalankan hidup tanpa adanya kemauan. Pentingnya membuat tujuan atau rencana kedepan akan membuat kita fokus menjalankan sesuai keinginan kita. 

Apalagi anak muda yang mempunyai segudang ide, hal itu harus didorong dengan rasa semangat. Membuat perencanaan dalam menggapai tujuan bisa dilakukan secara perlahan, misalnya mencatat keinginan, apa yang akan dilakukan besok, menyelesaikan tugas sekolah.

3. Luangkan waktu untuk diri sendiri

Setelah seharian menjalankan aktivitas atau kerja yang melelahkan, adakalanya untuk memberikan waktu untuk diri sendiri. Ingat, diri sendiri pun butuh untuk mengisis tenaga dan sesekali memberikan self reward seperti membeli sebuah barang yang kamu inginkan atau menonton film kesukaan. 

Selain itu, bisa menikmati waktu istirahat yang ada dengan hobi yang kamu lakukan mislanya olahraga, melukis bahkan mendengarkan musik sekalipun.

4. Jangan lupa syukuri apa yang terjadi hari ini

Hidup akan tidak terasa adil  bagi orang-orang yang tidak bersyukur. Awalnya memang berat dan mempertanyakan kenapa harus saya yang mengalamai masalah ini. Tapi kuncinya adalah acceptance atau penerimaan diri terhadap apa yang terjadi dalam hidup. 

Pertama, cobalah berdamai dengan diri sendiri lalu sadari bahwa masalah dapat bisa dihadapi agar kedepannya dapat menjalankan hidup yang lebih baik dan tenang.

5. Evaluasi diri dengan melihat sejauh mana aktivitas dilakukan

Evaluasi diri menjadi cara menilai pencapaian kerja atau kegiatan yang telah dilakukan. Oleh karena itu, kamu bisa mempertimbangkan sendiri kemampuan atau kinerja yang telah dilakukan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun