Mohon tunggu...
Nabila aufarachma
Nabila aufarachma Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus Berkontribusi dalam Kegiatan Posyandu di Desa Sowan Lor

23 September 2021   18:15 Diperbarui: 23 September 2021   18:17 57 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus Berkontribusi dalam Kegiatan Posyandu di Desa Sowan Lor
Dokumen pribadi

Jepara -- Di Desa Sowan Lor tepatnya di balai desa mengadakan kegiatan  posyandu yang dilakukan setiap satu bulan sekali. Posyandu adalah pusat kegiatan masyarakat dalam upaya pelayanan kesehatan dan keluarga berencana. Posyandu ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan dibawah PKK. Kegiatan posyandu ini dimulai pukul 08.00 pagi sampai pukul 11.00 yang dilaksanakan di balai desa.  Pada Rabu (15/09/21)

Mahasiswi KKN IK IAIN Kudus ikut berkontribusi dalam  pelayanan prosedur pelaksanaan layanan posyandu.   Pelaksanaan layanan posyandu dibuka dengan sistem 3 pos yaitu Pos I berisi pendaftaran yaitu mendaftarkan kehadirannya dengan menyerahkan Buku Kesehatan Ibu dan Anak.

Setelah selesai didaftarkan, ibu dan anak diarahkan untuk melakukan penimbangan di Pos II. Terdapat tiga jenis timbangan yang disediakan yaitu timbangan badan bayi, timbangan dacin dan timbangan neraca seperti yang digunakan orang dewasa pada umumnya untuk anak-anak balita. Setelah selesai ditimbang berat badan si anak disampaikan kepada petugas posyandu untuk dicatat.

Setelah melakukan penimbangan, dilanjutkan ke Pos III yaitu pencatatan  penimbangan berat badan,  pengukuran tinggi badan,  dan lingkar kepala anak serta evaluasi tumbuh kembang anak. 

Hasil pemeriksaan tersebut kemudian dicatat dalam buku KIA atau KMS. Selain itu, juga terdapat pemberian pelayanan kesehatan berupa imunisasi, pemberian vitamin A, pengobatan ringan dan khusus untuk ibu hamil terdapat konsultasi KB sekaligus pemberian pil KB atau kondom.

Partisipasi dan antusias para ibu-ibu yang membawa anak-anaknya ke Posyandu merupakan bukti bahwa mereka mempunyai kesadaran akan pentingnya posyandu. Hal ini penting dilakukan guna memantau tumbuh kembang anak serta memantau jika terjadi ganguang pada tumbuh kembang anak. Selain itu, partisipasi para kader kesehatan desa yang kooperatif menjadikan kegiatan posyandu berjalan dengan lancar.  

Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan