Mohon tunggu...
Nabila FauziyahRahmi
Nabila FauziyahRahmi Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Gemar menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengenal Kesuksesan K-pop di Kancah Internasional

5 Januari 2023   01:24 Diperbarui: 5 Januari 2023   01:32 598
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Photoshoot BTS untuk album Butter. Sumber: instagram @bts.bighitofficial 

 

Membahas budaya populer, tentu kita tak asing dengan K-pop. Budaya populer yang dibawa oleh negri ginseng tersebut rupanya menjadi salah satu faktor meningkatnya penghasilan Korea Selatan. Sebagaimana pernyataan Profesor studi internasional di Korea University, Adrew Eungi Kim, bahwa budaya K-pop ini amat sukses dikarenakan meningkatnya  perekonomian Korea Selatan juga berperan dalam peningkatan pengaruh soft power mereka. Selain itu, K-pop juga menjadi salah satu faktor pendukung Korea Selatan dalam menduduki peringkat 10 besar negara dengan pendapatan perkapita tertinggi di dunia.

Dengan musik dan penampilan yang dibawakan, budaya k-pop ini berhasil menarik perhatian khalayak hingga merambah ke tingkat internasional. Contoh yang baru saja terjadi adalah penampilan Jungkook, personil boygroup BTS di pembukaan FIFA World Cup 2022 dengan lagu berjudul 'Dreamers' yang menarik perhatian khalayak internasional. Penampilan Jungkook dalam pembukaan FIFA World Cup 2022 ini tentunya menarik atensi dan semakin membuka peluang industri K-pop untuk lebih dikenal oleh berbagai kalangan. Popularitas BTS ini membuka gerbang bagi generasi penerus di bidang entertainment dalam berkembang di kancah internasional. 

Kehadiran boygroup BTS memang pantas dikatakan sebagai gebrakan besar di industri musik Korea Selatan. Bagaimana tidak? Dalam sembilan tahun berkarir, BTS berhasil memenangkan berbagai penghargaan bergengsi internasional. Dimulai dari Billboard Music Award, MTV Video Music Award, hingga American Music Award. Selain itu, BTS juga beberapa kali masuk ke dalam nominasi Grammy Award yang tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi industri musik Korea Selatan. Kesuksesan BTS ini pada akhirnya menjadi pembuka jalan bagi grup-grup K-pop lainnya dalam berkarir di kancah internasional. 

Terbukanya kesuksesan K-pop melalui grup-grup terkenal seperti BTS dan Blackpink menjadi wadah baru pengenalan budaya Korea Selatan pada dunia. Kedua grup tersebut sukses mempromosikan budaya negri ginseng tersebut dalam iklan maupun video musik yang dirilis. BTS menampilkan kebudayaan Korea Selatan berupa pakaian Hanbok dalam video musiknya yang berjudul 'IDOL', sama halnya dengan Blackpink yang menampilkan budaya serupa dalam video musik lagu mereka yang berjudul 'Pink Venom' dan 'How You Like That'. 

Tak dapat dipungkiri, kesuksesan K-pop kini juga menjadi sarana penting bagi Korea Selatan dalam menunjukkan budayanya ke mata dunia. Setelah memperkenalkan Hanbok melalui video musik, K-pop juga menunjukkan makanan-makanan khas negara mereka seperti Kimchi, Soju, dan lainnya. Melalui variety show yang dibintangi idola-idola K-pop, penggemar jadi tertarik untuk mencicipi dan membeli produk makanan khas Korea Selatan tersebut. Bahkan, tak jarang ditemukan makanan-makanan tersebut menjadi menu kesukaan berbagai kalangan. 

Dampak lain yang diberikan oleh besarnya minat akan budaya K-pop juga dapat dilihat melalui pemasaran produk-produk asal Korea Selatan. Di bidang kecantikan, produk skincare dan make up dari Korea Selatan seringkali menjadi pilihan utama bagi para gadis remaja maupun wanita dewasa. Di bidang otomotif, Hyundai seringkali menjadi produk pilihan untuk membeli kendaraan. Kemudian, di bidang teknologi, produk Samsung tak kalah sukses. Mungkin terdapat berbagai alasan mengapa masyarakat memilih produk-produk di atas. Akan tetapi, hal ini tak terlepas dari pengaruh K-pop. Dengan menggaet grup-grup K-pop seperti BTS dan Blackpink sebagai Brand Ambassador tentunya mampu meningkatkan penjualan terkhusus di kalangan penggemar. Di mata penggemar, membeli dan menggunakan produk yang digunakan maupun dipromosikan oleh idola mereka merupakan salah satu bentuk loyalitas. 

Popularitas Kpop di Indonesia. sumber: dokumen pribadi 
Popularitas Kpop di Indonesia. sumber: dokumen pribadi 
Popularitas idola-idola K-pop menjadi berkah tersendiri bagi brand-brand asal Korea Selatan dalam memasarkan produknya. Memang benar bahwa standar dan kualitas yang diciptakan begitu tinggi serta telah dikenal masyarakat sebelum kehadiran idola-idola K-pop sebagai bintang iklan maupun Brand Ambassador. Akan tetapi, kesuksesan brand-brand tersebut kian meningkat atas pengaruh dari para idola yang menjadi Brand Ambasador serta peran dari melebarnya sayap popularitas K-pop di kancah internasional. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun