Mohon tunggu...
Nabhan Nadim
Nabhan Nadim Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Saya merupakan mahasiswa UIN SUNAN AMPEL SURABAYA, yang memiliki hobi membaca, menulis dan bermain basket.

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Menjelajahi Hakikat Hikmah dan Ilmu Pengetahuan

1 November 2023   07:07 Diperbarui: 1 November 2023   07:19 201
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Dalam dunia intelektualitas manusia yang luas, pencarian pengetahuan dan kebijaksanaan selalu menjadi bagian mendasar dari keberadaan kita. Melalui filsafat kita mengeksplorasi kedalaman pemahaman manusia, menyoroti hakikat kebenaran, keberadaan, dan moralitas. Pada intinya, filsafat, atau "filsafat" dalam bahasa Indonesia, berupaya mengungkap misteri alam semesta, memberikan wawasan tentang kondisi manusia dan menawarkan panduan dalam menavigasi kompleksitas kehidupan.

Filsafat: Mengungkap Makna dan Maknanya

Filsafat, berasal dari kata Yunani "philos" yang berarti cinta, dan "sophia" yang berarti kebijaksanaan, dapat diartikan sebagai cinta akan kebijaksanaan. Ini adalah disiplin yang menggali hakikat realitas, pengetahuan, dan keberadaan. Melalui pemikiran kritis dan analisis rasional, filsafat berupaya menjawab pertanyaan mendasar tentang hakikat dunia dan tempat kita di dalamnya.

Memahami Cabang-Cabang Filsafat

Filsafat mencakup berbagai cabang, masing-masing berfokus pada aspek spesifik keberadaan manusia. Mari kita jelajahi beberapa cabang utama filsafat:

1. Metafisika: Menelaah Hakikat Realitas

Metafisika adalah cabang filsafat yang membahas hakikat dasar realitas. Ini mengeksplorasi pertanyaan tentang keberadaan Tuhan, sifat waktu dan ruang, dan masalah pikiran-tubuh.

2. Epistemologi : Ilmu yang mempelajari Pengetahuan

Epistemologi menganalisis hakikat, sumber, dan batasan pengetahuan. Ini mengkaji pertanyaan-pertanyaan seperti: Bagaimana kita memperoleh pengetahuan? Apa perbedaan antara keyakinan dan kebenaran? Bisakah pengetahuan menjadi objektif?

3. Etika : Ilmu yang mempelajari Moralitas

Etika mengeksplorasi konsep benar dan salah, menentukan prinsip moral, dan evaluasi tindakan manusia. Ini merenungkan pertanyaan-pertanyaan seperti: Apa dasar penilaian moral? Bagaimana seharusnya seseorang menjalani kehidupan yang baik?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun