Mohon tunggu...
Nabella O.S
Nabella O.S Mohon Tunggu... Konsultan - Scientist

Love Yourself

Selanjutnya

Tutup

Film

[Live Action] The Files of Young Kindaichi 5 : Si Pemalas yang Sibuk

28 September 2022   16:23 Diperbarui: 28 September 2022   16:25 251 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://www3.myasiantv.cc/show/kindaichi-shonen-no-jikenbo-season-5

          Seiring dengan berkembangnya teknologi diera digital ini mengantarkan industry hiburan perfilman untuk dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Mungkin peluang ini lah yang dimanfaatkan oleh Daisuke Nishio dan kawan-kawan untuk mengeksiskan kembali karyanya. Yapp, 8 tahun sejak ia menamatkan generasi ke-4, akhirnya Kindaichi Kembali dihadirkan dengan generasi baru yang nantinya akan kita kenal dengan The Files of Young Kindaichi 5 (Kindaichi Shonen no Jikenbo Season 5). Bagi penggemar komik/manga khususnya misteri (mungkin) sudah tidak asing lagi dengan Kindaichi.

          Kindaichi awalnya adalah sebuah manga yang rilis di tahun 1992 dengan judul The Kindaichi Case Files. Dimana kemudian di tahun 1997 diadaptasi sebagai anime tv series diproduksi oleh Toei Animation dengan Daisuke Nishio sebagai director. Berjumlah 148 episode, anime series ini tayang dari 7 April 1997 hingga 11 September 2000. Untuk mengembangkan popularitasnya, Kindaichi mulai dihadirkan dalam bentuk Live Action dipernakan oleh Tsuyoshi Domoto sebagai Hajime Kindaichi dan Rie Tomosaka sebagai Miyuki Nanase di tahun 1995. Dengan jumlah episode yang singkat yaitu 8 episode, Kindaichi Live Action generasi pertama berhasil tayang di TV nasional Jepang NTV.

          Namun ternyata popularitas Kindaichi tidak berhenti disitu saja. Daisuke Naishio masih berusaha memikat penggemarnya dengan terus menghadirkan Kindaichi Live Action dari generasi terbarunya yang pada akhirnya berhasil mengembangkan misteri rumitnya hingga generasi ke 4 yang tayang pada 2014 silam. Nah selama 8 tahun menghilang, akan kah Kindaichi generasi ke 5 mampu membawa kembali eksistensinya mengingat pada Kindaichi generasi ke-4 hadir dengan cast yang segar dan istimewa ? Mari kita simak ulasan singkat berikut ini.

Sinopsis 

The Files of Young Kindaichi menceritakan tentang petualagan seorang murid laki-laki dari SMA Fudo bernama Hajime Kindaichi dalam memecahkan misteri kriminal yang terjadi disekitarnya. Hajime Kindaichi itu sendiri diceritakan sebagai cucu dari Kosuke Kindaichi yaitu seorang detektif kriminal yang terkenal. Dalam aksinya ia tidak sendiri, ia ditemani oleh sahabat masa kecil nya yang bernama Nanase Miyuki dan teman sekolahnya yang bernama Ryuta Saki. Selain itu disetiap kasus yang akan dihadapi oleh Kindaichi nantinya akan bertemu dengan seorang inspektur kepolisian yang bernama Isamu Kenmochi. Hajime Kindaichi adalah seorang siswa yang nakal dan pemalas padahal sebenarnya dia memiliki IQ yang tinggi. Tapi ia tergolong sangat sibuk untuk ukuran siswa pemalas, kenapa ? Iyaa karena Kindaichi tidak pernah tidak terlibat dalam kasus kriminal yang terjadi disekitarnya.

Pemeran yang sebanding

Hmm penggemar Kindaichi tentunya sudah tau bahwa live action setiap generasinya diperankan oleh pemain yang berbeda-beda. Di generasi sebelumnya, The Files of Young Kindaichi 4 bisa dibilang sebagai live action Kindaichi terbaik jika dibandingkan dengan yang sebelum-sebelumnya. Hal ini dikarenakan tim produksi berhasil menampilkan para pemain yang fresh. Hajime Kindaichi diperankan oleh Ryosuke Yamada dan peran Nanase Miyuki dimainkan oleh Haruna Kawaguchi. Selain itu dibeberapa sequel generasi 4 ini muncul pemain yang mengejutkan seperti actor Wu Chun sebagai Byron Lee seorang detektif dan Nickhun 2PM. Lalu bagaimana dengan yang generasi terbaru ini ?

Dari segi pemain ternyata Kindaichi 5 ini jauh lebih fresh. Dimana para pemainnya merupakan pendatang baru yang memang sesuai dengan karakter masing-masing sehingga vibes sebagai siswa menengah atas sangat terasa. Di generasi yang sekarang mampu mengobati karakter inspektur Isamu Kenmochi yang sebelumnya kurang greget sebagai polisi. Kali ini Ikki Sawamura sukses membawakan karakter Isamu Kenmochi sebagai deketif senior yang kritis, meskipun tetap saja dalam proses memecahkan misteri Kindaichi jauh lebih aktif. Namun ini tidak begitu mengganggu karena inspektur Isamu mampu memfasilitasi Kindaichi dalam memecahkan misteri. Cuma yaa ada laa beberapa scene yang kurang masuk akal. Masih dari kalangan Idol Jepang, Hajime Kindaichi akan diperankan oleh Shunsuke Michieda sementara Nanase Miyuki diperankan oleh Moka Kamishiraishi. Nah yang unik adalah, Moka Kamishiraishi ini sebelumnya juga pernah muncul di **Kindaichi generasi 4 (2014) namun dengan peran yang berbeda (hanya disalah satu episode). Kali ini dia hadir sebagai salah satu pemain utama.

Suasana yang berbeda

Berbeda dengan generasi sebelumnya, latar dari Kindaichi 5 ini lebih sering berada di luar sekolah. Meskipun tidak membosankan terkadang justru ini aneh, karena kasus nya terjadi di tempat yang sebenarnya tidak melibatkan anak sekolahan. Jadi kurang relevan saja mengingat bahwa para tokoh mayoritas adalah siswa SMA dan lokasinya sangat jauh dari sekolah. Tapi tidak perlu khawatir, disini karena latarnya ditahun 2022 tentunya banyak sekali perubahan-perubahan yang signifikan. Seperti teknologi yang digunakan. Kalau sebelum-sebelumnya Ryuta Saki yang diperankan oleh Taisho Iwasaki digambarkan sebagai siswa yang lugu dengan tampilan kutu buku, kali ini Ryuta Saki nya lebih maskulin. Meskipun masih kutu buku, tapi dari segi tampilan jauh lebih rapi dan fresh. Selain itu, jika selama ini Ryuta Saki merekam setiap kasus menggunakan handycam yang cukup jadul, disini Saki akan merekam dengan sebuah tablet canggih yang nantinya ini lah yang akan membantu Kindaichi dalam memecahkan kasus. Jadi semua tampilan dan suasana di Kindaichi 5 ini sudah disesuaikan dengan kondisi sekarang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan