Mohon tunggu...
ranny m
ranny m Mohon Tunggu... maroon lover

Manusia dg keberagaman minat dan harap. Menjadi penulis adalah salah satunya. Salah duanya bikin film. Salah tiganya siaran lagi. Salah empatnya? Waduh abis dong nilainya kalo salahnya banyak hehe..

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Mengisi PSBB

11 September 2020   11:27 Diperbarui: 11 September 2020   11:15 17 6 0 Mohon Tunggu...

PSBB DKI Jakarta akan kembali digulirkan mulai tanggal 14 September 2020. Penulis secara pribadi sudah mulai masuk kantor sejak Bulan Juli, meski separuh-separuh. Sehari masuk, sehari work from home (WFH).

Sebagian orang yang melaksanakan WFH merasa seperti tidak punya jam kerja yang jelas. Kerjaan bisa datang kapan saja tak mengenal waktu. Makanya beberapa waktu lalu sempat ramai pembahasan tentang "work life balance". Bahkan di beberapa tempat lainnya mulai muncul desakan untuk mengcover biaya pulsa bagi para pekerja WFH yang notabene menghabiskan banyak biaya untuk zoom misalnya atau telpon kesana kemari.

Tapi mungkin sebagian lagi ada yang cenderung lebih santai selama WFH sampai bingung mau ngapain. Ada? Ya ada! Mungkin tidak hanya bagi pekerja, bisa jadi juga bagi para mahasiswa atau murid sekolahan. Mungkin yang biasanya ngurus kegiatan kampus, jadi diem aja di rumah. Mungkin yang biasanya pulang jam 6 sore dari sekolah karena ekstrakulikuler atau les, jadi off selama sekolah from home (SFH). So, bingung mau ngisi waktu luang untuk apa? Coba cek beberapa pilihan berikut!

1. Kajian Online

Ilmu agama penting kan? Ayolah seminggu sekali sempatkan nyimak kajian. Kalau biasanya effort tuh Kamis malam ke Mushola untuk yasinan atau weekend mesti bangun pagi untuk ikut pengajian ibu-ibu kompleks, nah selama pandemi kegiatan seperti ini otomatis tidak berjalan. Oleh karena itu, solusinya adalah menyimak kajian online. Kalau ini mudah sekali, ada yang live youtube atau pun rekamannya juga ada. Tinggal disesuaikan saja dengan waktu dan materi yang diinginkan.

2. Tahsin dan Tahfidz Online

Dari dulu pengen bisa baca quran, tapi malu kalau belajar di masjid bareng ibu-ibu kompleks. Pengen nambah hafalan surat juga, tapi waktunya kayaknya full deh! Otak juga mulai banyak yang dipikirin, susah banget ayat mau nempel di kepala. Nah, coba deh ikutan kelas tahsin atau tahfidz online. Ada? Ada! Banyak! Biaya? Beraneka ragam! Tergantung lembaga penyelenggara dan durasi kegiatan. Rata-rata biayanya mulai dari lima puluh ribu sampai lima ratus ribu per bulan tergantung berapa pertemuan per pekannya. Carinya dimana? Instagram banyak! Butuh spoiler? Eh boleh sebut merk nggak nih di sini? Hehe!

Kelebihan kelas tahsin dan tahfidz online ini biasanya pesertanya dari berbagai penjuru Nusantara, jadi kemungkinan saling kenal itu kecil sekali. Jadi, nggak perlu malu deh! Kan nggak kenal! Jika masih malu juga, ada tuh yang kelas privatnya. Bisa atur jam dan harinya juga. Fleksibel deh!

3. Les Bahasa Inggris Online

Kemampuan berbahasa asing terutama Bahasa Inggris dewasa ini seperti kebutuhan mutlak. Sebagai pelajar, mahasiswa atau pekerja kantoran yang biasanya aktif di tempatnya masing-masing, biasanya agak susah untuk meluangkan waktu ikut les. Atau mungkin kendala biaya juga yang jadi penghambatnya. Nah, sekarang banyak lembaga Bahasa Inggris yang mulai membuka kelas online.

Beberapa lembaga yang bermarkas di Kampung Inggris sudah banyak yang membuka kelas online. Ini kesempatan bagi kalian yang selama ini bermimpi ingin belajar di Kampung Inggris tapi terkendala dana dan  waktu untuk ke sana. Lembaganya apa aja? Banyak! Cek instagram deh! Biayanya? Karena online dan anda tidak perlu biaya akomodasi, maka pasti lebih murah! Ada yang mulai dari seratus lima puluh ribu rupiah untuk dua pekan les loh! Waktu? Beberapa lembaga cenderung membuka kelas yang lebih fleksibel waktunya. Ada pagi, sore bahkan malam. Ada juga kelas privat jika kalian berminat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x