Mohon tunggu...
Nindy Prisma
Nindy Prisma Mohon Tunggu... Buruh - buruh di balik kubikel dan penikmat pertandingan olahraga

...Real Eyes Realize Real Lies...

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Artikel Utama

Tradisi Emas Voli Pantai Putra Indonesia yang Tetap Terjaga di SEA Games 2021

21 Mei 2022   14:53 Diperbarui: 22 Mei 2022   10:15 766 11 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tim voli pantai putra menambah medali emas untuk kontigen Indonesia.| Sumber: Akun Twitter Official NOC.Indonesia @NOCIndonesia1

Medali emas dari cabor voli pantai putra akhirnya dipastikan jadi milik Indonesia tepat di Hari Kebangkitan Nasional, 20 Mei 2022.

Pasangan Ade Candra Rachmawan/Mohammad Asfiya dan Gilang Ramadhan/ Rendy Verdian Licardo yang tampil di beregu putra voli pantai SEA Games 2021 sukses mengandaskan perlawanan dua pasangan Thailand di babak final yang berlangsung di Tuan Chau Beach, Quang Ninh, Vietnam.

Tapi sebentar, sebelum membahas lebih jauh duel klasik antara Indonesia dan Thailand, seperti biasa mari kenalan dulu dengan format kompetisi yang dipakai di cabor voli pantai SEA Games 2021 kali ini.

Seperti halnya SEA Games 2019 lalu di Filipina, tahun ini cabor voli pantai dimainkan dengan format beregu. Artinya dalam 1 regu/tim terdiri dari ada dua pasangan.

Indonesia sendiri tahun ini diwakili oleh pasangan Ade Candra Rachmawan/Mohammad Asfiya dan Gilang Ramadhan/ Rendy Verdian Licardo di putra dan di sektor putri ada pasangan Putu Dini Jasita Utami/Dhita Juliana dan Nur Atika Sari/Sari Hartati.

Di sektor putra karena ada 8 negara yang ikut serta, maka dibagi ke dalam 2 pool, yaitu pool A dan B. Tim Indonesia bergabung bersama Thailand, Laos, dan Malaysia di pool B. Sementara tuan rumah Vietnam, Filipina, Kamboja, dan Singapura bersaing di pool A.

Tim voli pantai putra Indonesia melangkah mantap ke final dengan torehan yang tak main-main. Sukses memuncaki klasemen pool B, timnas Indonesia jumpa Vietnam di semifinal yang berlangsung 19 Mei 2022.

Candra/Asfiya hanya butuh waktu 34 menit untuk menyudahi perlawanan pasangan Vietnam Ton Long Nhat/Van Nha Nguyen 2-0 (21-15, 21-16). Di pertandingan lainnya pasangan Gilang/Rendy Verdian turut memuluskan jalan Indonesia ke partai puncak usai mengalahkan Nguyen Lam Toi/Tran Quang Vu 2-1 (17-21, 21-14, 15-10).

Di final, Indonesia sudah ditunggu oleh seteru abadinya Thailand yang pada semifinal mampu lolos dari perlawanan ketat Filipina.

Indonesia yang unggul head to head di fase penyisihan tentu ingin mengulangi hasil serupa. Laga pamungkas yang digelar pada 20 Mei 2022 berlangsung secara bersamaan di dua lapangan yang saling bersebelahan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan