Mohon tunggu...
Nindy Prisma
Nindy Prisma Mohon Tunggu... buruh di balik kubikel dan penikmat pertandingan olahraga

...Real Eyes Realize Real Lies...

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Para Wakil Benua Afrika dan Amerika di Voli Indoor Olimpiade Tokyo 2020

14 Januari 2020   00:52 Diperbarui: 14 Januari 2020   09:46 234 5 1 Mohon Tunggu...
Para Wakil Benua Afrika dan Amerika di Voli Indoor Olimpiade Tokyo 2020
Para supporter timnas voli indoor Kolombia saat menyemangati timnya yang berlaga di kualifikasi continental Olimpiade 2020| Sumber: http://volleyball.coqt.2020.fivb.com/

Kurang lebih 6 bulan, 11 hari mata para pecinta olahraga akan memfokuskan pandangannya pada Olimpiade musim panas yang akan berlangsung di Tokyo mulai 24 Juli hingga 9 Agustus 2020.

Segala persiapan makin dimatangkan Jepang demi kelancaran event olahraga terbesar itu. Sementara tuan rumah terus beberes untuk menyambut banyaknya tamu yang akan memadati Tokyo, beberapa tim di berbagai cabang olahraga juga terus berjuang untuk mendapatkan tiket lolos ke Olimpiade.

Awal tahun 2020 ini, FIVB sebagai federasi bola voli dunia mengadakan kualifikasi continental untuk menentukan 5 tim terakhir yang akan menggenapi kuota 12 tim yang akan berlaga di Tokyo 2020.

Sebelumnya pada Agustus 2019 lalu, FIVB juga sudah menggelar kualifikasi intercontinental. Hasilnya 6 tim putra yakni Argentina, Amerika Serikat, Polandia, Rusia, Brasil, dan Italia serta 6 tim putri yang terdiri dari Tiongkok, Rusia, Brasil, Serbia, Amerika Serikat, dan Italia siap terbang ke Tokyo.

Tersisa 5 tiket untuk 5 tim yang disebar di kualifikasi continental ini. Itu artinya kualifikasi continental jadi jalan terakhir yang bisa ditempuh oleh tim dari 5 konfederasi berbeda untuk mendapatkan kesempatan berlaga di Olimpiade.

Untuk yang belum tahu 5 konfederasi yang jadi penanggung jawab gelaran kualifikasi continental menuju Tokyo 2020 adalah Asian Volleyball Confederation/AVC (Asia dan Oceania), Confdration Africaine de Volleyball/CAVB (Afrika), Confederacion Sudamericana de Voleibol/CSV (Amerika Selatan), Confederation Europeenne de Volleyball/CEV (Eropa), North, Central America, and Caribbean Volleyball Confederation/NORCECA (Amerika Utara).

Pada artikel bagian pertama ini, mari kita fokus pada persaingan yang terjadi di 3 konfederasi, yaitu CAVB (Afrika), CSV (Amerika Selatan), dan NORCECA (Amerika Utara, Tengah, dan Karibia).

Kebetulan juga 3 konfederasi tersebut menjalankan kualifikasi continental dengan menganut sistem pertandingan yang sama, yaitu round robin. Sementara khusus zona Asia dan Eropa menggunakan sistem setengah kompetisi.

Sistem round robin digunakan karena peserta yang mengikuti kualifikasi continental di 3 konfederasi tersebut kurang dari 6 atau tidak bisa dibagi ke dalam pool berbeda.

Jumlah peserta yang sedikit itulah yang membuat seluruh peserta dimasukkan hanya ke dalam 1 pool dan akan saling berhadapan satu dengan lainnya.

Pada sistem ini tidak ada babak semifinal maupun final. Pemenang atau juara ditentukan oleh jumlah kemenangan dan poin yang didapatkan seluruh peserta di akhir kualifikasi.

Peserta dengan total kemenangan dan poin terbanyak atau tertinggi, tim tersebut yang berhak keluar sebagai juara.

Penentuan tim mana saja yang layak ikut serta adalah kualifikasi continental menuju Tokyo 2020 berdasarkan pada hasil dari kejuaraan yang dilakukan di masing-masing konfederasi. Itupun dengan berbagai catatan.

Misalnya tim putri Brasil apabila mereka mengikuti kejuaraan bola voli antara Amerika Selatan dan ternyata berhasil keluar sebagai juara dan tentunya masuk dalam peringkat yang dinyatakan dapat ikut serta untuk kualifikasi continental, secara otomatis posisi mereka akan digantikan oleh tim lain yang berada di peringkat dibawah atau dalam hal ini peringkat 5 (karena khusus CSV hanya memberikan jatah 4 tim yang berhak ikut kualifikasi continental).

Mengapa demikian? Itu karena tim putri Brasil sebelumnya telah lolos ke Tokyo 2020 melalui kualifikasi intercontinental, sehingga mereka tidak perlu lagi ikut serta dalam kualifikasi continental dan posisi kosongnya dapat ditempati tim lainnya. Hal itu juga berlaku di zona Asia, Eropa, dan Amerika Utara.

Bagaimana, sudah jelas? Kalau belum jelas bisa tanya di kolom komentar ya. Cus lanjut...

Jadi setelah melalui fase kualifikasi continental, siapa saja tim yang akan mewakili benua Afrika dan Amerika Selatan. Ini dia daftarnya...

Mereka yang Ingin Mewakili Afrika dengan Baik di Olimpiade
Konfederasi bola voli Afrika atau CAVB menjadi konfederasi yang menggelar kualifikasi continental pertama. Pada 5- 9 Januari 2020, CAVB menggelar lebih dulu kualifikasi di sektor putri yang dihelat di Yaounde, Kamerun.

Tim putri tuan rumah Kamerun, Nigeria, Mesir, Kenya, dan Botswana jadi 5 tim yang bertarung demi menjadi juara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN