Mohon tunggu...
Nindy Prisma
Nindy Prisma Mohon Tunggu... buruh di balik kubikel dan penikmat pertandingan olahraga

...Real Eyes Realize Real Lies...

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Perdana, Liga Voli Indonesia Sambangi Sulawesi

23 Oktober 2017   19:58 Diperbarui: 23 Oktober 2017   20:11 0 2 2 Mohon Tunggu...
Perdana, Liga Voli Indonesia Sambangi Sulawesi
Persiapan Livoli Divisi 1 yang bergulir di Minahasa, Sulawesi Utara 23-29 Oktober 2017| Sumber: PBVSI

Liga Voli Indonesia (Livoli) Divisi 1 atau biasa disebut juga Kejuaraan Nasional Antarklub 2017 kembali bergulir. Sebanyak 23 klub putra dan 13 klub putri dari 14 provinsi siap berlaga di GOR Wale Ne Tou, Tondano Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, mulai tanggal 23 hingga 29 Oktober 2017.

Livoli Divisi 1 ini menjadi yang pertama kalinya digelar di luar Pulau Jawa. Hadirnya Livoli Divisi 1 juga merupakan penghargaan bagi tuan rumah sekaligus memiliki tujuan untuk lebih memasyarakatkan lagi bola voli di wilayah Sulawesi Utara pada umumnya dan khususnya Kabupaten Minahasa.

"Bagi kami ini suatu kehormatan menjadi tuan rumah. Di daerah kami bisa lebih maju bola voli," ujar Bupati Kabupaten Minahasa, Drs. Jantje Wowiling Sajow, MSi.

Selain menjadi yang pertama di Sulawesi, Livoli Divisi 1 kali ini juga mencatatkan jumlah peserta terbanyak disepanjang event tahunan ini digelar. Bahkan jika menilik dari daftar klub yang ikut serta di Livoli Divisi 1 kali ini, nampak terlihat klub-klub peserta berasal dari pulau yang berbeda dan tak lagi hanya didominasi oleh klub asal Pulau Jawa saja.

Setiap provinsi memang diberikan jatah untuk mengirimkan dua klub putra dan dua klub putri hasil dari Kejuaraan Daerah (Kejurda) di provinsinya masing-masing. Sedangkan, untuk tuan rumah sendiri diperkenankan mengirimkan tiga wakil dan empat tempat lainnya diisi oleh klub yang terdegradasi dari gelaran Livoli Divisi Utama tahun sebelumnya.

Pada Livoli Divisi Utama 2016, klub putra Pasundan Bandung, TNI AL dan dua klub putri, yakni Mitra Kencana SBJ dan LNG Badak Bontang jadi empat klub yang terdegradasi dan kembali harus berjibaku di Livoli Divisi 1 tahun 2017 ini. Dari keempat klub tersebut, hanya klub putri Mitra Kencana SBJ yang dipastikan tidak ikut serta.

Melihat animo dari klub-klub peserta, Ketua V Bidang Kompetisi dan Pertandingan PP. PBVSI, Hanny S. Surkatty bahkan berani menjamin jika Livoli Divisi 1 kali ini akan berjalan lebih seru dan ketat.

"Persaingan tentu akan semakin ketat. Apalagi semua tim tentu ingin lolos." ujar Hanny.

Tiga puluh enam klub yang ikut serta di Livoli Divisi 1 kali ini akan memperebutkan 4 tiket promosi untuk tampil di Livoli Divisi Utama 2018. Dimana 4 tiket tersebut akan diperuntukan untuk dua finalis di sektor putra dan dua finalis di sektor putri.

Berikut adalah daftar klub peserta Livoli Divisi 1 tahun 2017.

Daftar klub peserta Livoli Divisi 1 tahun 2017| Sumber: PBVSI
Daftar klub peserta Livoli Divisi 1 tahun 2017| Sumber: PBVSI

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x