Mohon tunggu...
Mita Karunia
Mita Karunia Mohon Tunggu... Menulis untuk menyapa semesta

email : mitakarunia40@gmail.com | http://karuniamita.blogspot.com/

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Masihkah Ramadan 2020 Bermakna Tanpa Kegiatan Ini?

23 April 2020   09:47 Diperbarui: 23 April 2020   09:52 191 15 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Masihkah Ramadan 2020 Bermakna Tanpa Kegiatan Ini?
freepik.com

Bulan Ramadhan tahun 2020 menjadi bulan ramadhan yang berbeda dari bulan-bulan sebelumnya. Padahal bulan ramadhan menjadi bulan yang dinanti-nantikan oleh umat muslim di seluruh dunia. Bagaimana tidak, dan siapa yang akan mengira jika ramadhan kali ini bertepatan di saat Indonesia dan negara lain yang berjuang menghadapi pandemi COVID-19.

Saat ramadhan ada banyak sekali kegiatan yang kita lakukan dan kegiatan tersebut hanya bisa kita rasakan saat bulan ramadhan. Namun, ramdhan kali ini akan sangat terasa berbeda karena beberapa kegiatan yang memunculkan kehadiran massal terpaksa ditiadakan. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari penyebaran COVID-19 atau yang biasa dikenal dengan virus korona.

Apa saja kegiatan tersebut dan kegiatan yang mana yang paling kamu nanti-nantikan? Berikut adalah kegiatan-kegiatan yang biasa kita lakukan selama bulan ramadhan:

Sahur On The Road (SOTR)

Sahur adalah aktivitas makan dan minum yang dilakukan dini hari oleh umat muslim yang akan berpuasa yang berlangsung hingga sebelum fajar terbit. Sahur bisa dilakukan di mana saja seperti di rumah, masjid atau bahkan di jalanan. Nah, sahur on the road adalah kegiatan yang biasanya dilakukan di jalanan sambil berbagi makanan sahur kepada orang-orang yang tidak mampu agar sama-sama bisa bersantap sahur.

Mau tidak mau kegiatan Sahur On The Road (SOTR) juga ditiadakan. Kita semua akan sahur di rumah aja bersama keluarga inti atau secara individu.

Ngabuburit

Merupakan kata yang diambil dari bahasa Sunda "burit" yang memiliki arti waktu menjelang sore. Secara keseluruhan kata ngabuburit "ngalantung ngadagoan burit" yang berarti bersantai-santai menunggu waktu sore. Nah, ngabuburit ini menjadi asal-muasal kegiatan yang dilakukan saat menunggu adzan magrib atau waktu berbuka puasa. Kegiatan yang biasa dilakukan mengunjungi pasar ramadhan, berburu takjil, atau hanya sekedar berkumpul bersama sahabat dan keluarga. Jadi, seperti apa biasanya kegiatan ngabuburit yang kamu lakukan?

Dan kini kegiatan ngabuburit akan terasa sangat berbeda, kegiatan ini akan berganti dengan kegiatan di rumah aja. 

Bukber

Bukber merupakan akronim dari kata buka dan bersama. Yang kemudian disingkat menjadi Bukber. Kegiatan ini dilakukan saat bulan ramadhan. Yaitu berbuka bersama dengan teman, rekan kerja, keluarga, pasangan atau yang lainnya. Melalui kegiatan bukber biasanya juga menjadi kegiatan reuni dengan teman lama, entah teman SMA, SD, SMP, dan lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN