Mohon tunggu...
Lala_mynotetrip
Lala_mynotetrip Mohon Tunggu... Lainnya - Terus berupaya menjadi diri sendiri

Blogger pemula|menyukai petualangan sederhana|penulis amatir|S.kom |pecandu buku|Sosial Media creative|Ide itu mahal|yuk menulis|doakan mau terbitin novel

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Financial Check Up Untuk Mempersiapkan Diri Hadapi Resesi

12 November 2022   13:45 Diperbarui: 12 November 2022   14:12 117
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Akhir-akhir ini booming dan trending banget kata 'Resesi' dan awalnya sempat agak takut juga menghadapi 2023 yang katanya gelap. 

Sempat datang ke undangan event di sebuah Bank yang membahas terkait tips dan trik mempersiapkan keuangan menghadapi resesi kemudian ikutan jadi tim operator zoom pada event webinar yang bertajuk 'Strategi Menghadapi Resesi Ekonomi Ala Moms" Narasumber nya Mom Dian Ayu, CFP & di moderatori oleh Mom Vira dari tim MoM Academy. 

Kali ini Saya tidak membahas pengertian resesi, karena yakin para pembaca sudah paham arti dari kata tersebut. 

Narasumber yaitu Mom Dian Ayu merupakan seorang perencana keuangan yang bersertifikasi, menyampaikan dengan bahasa yang mudah di pahami oleh para Moms. 

Bermula dari membahas teori ekonomi, sebagai pengingat untuk peserta yang hadir. Kemudian peranan pencatatan keuangan (uang masuk dan uang keluar) Secara sederhana laporan keuangan harian itu bisa di buat pada ms. Excel, untuk mempermudah para moms mengontrol dan mengetahui seberapa besar pengeluaran harian, bulanan atau pengeluaran yang sifatnya setahun sekali. 

Dari pencatatan keuangan yang di jalankan, para moms bisa menganalisa pengeluaran mana saja yang sebetulnya tidak perlu. Berdasarkan kebutuhan dasar/primer, sekunder dan tersier. 

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Dari situlah bisa di breakdown, mana saja pengeluaran yang di kurangi dam pengeluaran yang memang tidak bisa di kurangi. Jika sudah memahami arus kas keuangan dalam keluarga, dalam pengambilan keputusan terkait keuangan juga akan lebih penuh pertimbangan. Tidak mudah berfoya-foya. Memprioritaskan kebutuhan pokok dan penting bagi keluarga. 

Setelah itu, bisa memetakkan seperti berusaha mencari penghasilan tambahan baik dengan berjualan pada media sosial, affiliate, reseller dkk.  Semua hal tersebut penting, karena ketika kita tahu kondisi keuangan dan disiplin mencatat, memahami maka akan lebih mempersiapkan diri pada kondisi-kondisi yang tidak baik-baik saja. 

Financial checkup, merupakan salah satu upaya dan cara untuk para menteri keuangan keluarga mengetahui, memahami kondisi keuangan dalam keluarganya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun