Mohon tunggu...
Budi Hartono
Budi Hartono Mohon Tunggu... Ini profilku...tidak banyak, tetapi cukup.

Biarkan mengalir seperti biasa...

Selanjutnya

Tutup

Politik

PSI, Apaan Tuh?

13 Desember 2018   17:48 Diperbarui: 13 Desember 2018   17:55 0 0 0 Mohon Tunggu...
PSI, Apaan Tuh?
PSI jaman now (tempo.co)

Apa yang ada dalam benak Anda ketika mendengar kata PSI? Mungkin sebagian akan bilang, "psi itu satuan ukuran tekanan udara", begitu kata orang teknik yang biasa berurusan dengan tekan menekan. Anda pasti ingat ketika tambah angin di tukang tambal ban, biasanya ban mobil sedan diisi udara dengan tekanan antara 28 -- 30 psi.

Kalo kata orang tua dulu, PSI itu Partai Sosialis Indonesia, sebuah partai yang didirikan oleh Sutan Syahrir pada tahun 1945. Partai yang beraliran kiri itu sempat bertandang dalam pemilu nasional ketika itu. Wikipedia menulis " Partai Sosialis inilah yang sejak bulan November 1945 sampai pertengahan tahun 1947 menguasai kabinet, yaitu Kabinet Syahrir I, II, dan III serta Kabinet Amir Syarifuddin I dan II. Bahkan beberapa anggota Partai Sosialis ini banyak duduk di kabinet sebagai menteri kala itu. Di Masa Revolusi Nasional Indonesia tersebut, dengan berkuasanya Syahrir dan Syarifuddin, Partai Sosialis tampak kuat. Bahkan punya laskar bernama Pesindo yang terkenal solid persenjataannya ketimbang yang lain. Pesindo ini di kemudian hari pasca Pemberontakan PKI 1948 menjadi Pemuda Rakyat."

Entah kemana juntrungannya, PSI jaman itu sekarang sudah tidak aktif, alias mati alias almarhum. Tapi orang-orang tentunya banyak bertebaran di banyak tempat. Dengan beragam profesinya.

Itu cerita PSI jaman dulu...nah sekarang ada lagi PSI jaman now...singkatan dari Partai Solidaritas Indonesia, diketuai oleh seorang wanita dan memiliki banyak kader yang umumnya dari kalangan anak muda. Apakah ideologi PSI jaman now sama dengan jaman dulu? Sepertinya sih beda. Jaman sekarang jaman ideologi Pancasila...tidak boleh lagi ada ideologi kiri yang boleh ikutan jadi peserta pemilu.

Lalu apa yang menarik dengan PSI jaman now? Saya juga gak tahu bagian mananya yang menarik. Yang jelas, ketuanya seorang wanita. Tidak hanya wanita, parasnya juga cantik. Tentu saja memberi warna lain dalam dunia politik Indonesia yang banyak didominasi oleh lelaki usia paruh baya.

Ciri lainnya adalah, banyak anggotanya yang muda-muda. Iya, betul-betul masih muda. Bukan muda dalam definisi yang di bawah 50 tahun, tapi masih kisaran 20-30 tahun deh kira-kira. Tentu saja menarik karena kebanyakan partai isinya orang-orang yang sudah senior dari sisi usia.

Apa lagi? Bisa jadi ide-idenya. Kalo dari sisi ini sih rasanya bisa panjang perdebatannya. Karena tiap orang punya preferensi yang berbeda-beda. Sebut saja soal perda syariah yang ditolak mentah-mentah sama PSI. Juga ide soal tolak gaji jika tidak produktif jadi anggota DPR. Terakhir idenya soal menolak mentah-mentah poligami. Waahhh....

Dari semuanya itu, apakah kamu tertarik dengan PSI? Kalo saya sih, hanya tertarik melihat saja. Soal ide-idenya, cukup menjadi tema debat  panjang di warung kopi. Bagaimana dengan Anda?