Mohon tunggu...
Mutya Nurdiny
Mutya Nurdiny Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Money

Perlukah Etika dalam Bisnis Online?

16 April 2018   11:58 Diperbarui: 16 April 2018   12:06 351
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Etika sebagai perangkat prinsip moral yang membedakan apa yang benar dari apa yang salah, sedangkan bisnis adalah suatu serangkaian peristiwa yang melibatkan pelaku bisnis, maka etika diperlukan dalam bisnis. Etika bisnis merupakan etika terapan.

Etika bisnis merupakan aplikasi pemahaman kita tentang apa yang baik dan benar dalam bisnis. Pembahasan tentang etika bisnis harus dimulai dengan menyediakan prinsip-prinsip dasar pemahaman tentang apa yang dimaksud dengan istilah baik dan benar.jadi etika bisnis adalah aturan yang berkaitan dengan sopan santun, tata krama dalam berbisnis.

Mengapa harus ada etika dalam bisnis online?

Didalam bisnis online diperlukan nya kepercayaan terhadap si pelanggan dan penjual. Karena kita tidak saling bertemu dengan pembeli atau pelanggan, sehingga untuk meyakinkan mereka kita harus memahami tentang etika agar pembeli tidak merasa kecewa karena pelayanan kita.

Saya pernah mempunyai pengalaman yang membuat saya trauma. Beberapa bulan yang lalu saya memesan sepatu dengan harga Rp 190.000 termasuk dengan ongkos kirimnya. Alamat toko tersebut berada di Bandung, dan kemudian setelah saya transfer uangnya yang punya toko tersebut bilang bahwa telah menerima transfer dari saya dan akan segera mengirim barangnya besok, karena pada hari itu jasa pengiriman sudah tutup.

 Pada awalnya saya percaya, namun keesokan harinya saya bertanya lagi kepada yang punya toko online tersebut, dan dia menjawab bilang bahwa "besok ya kak dikirim barangnya, kami lagi sibuk, jadi belum sempat" jawaban tersebut yang saya terima setiap saya tanyakan kelanjutannya kapan barang saya akan dikirim..

 Padahal seharusnya si punya toko jika dia seorang pebisnis yang mempunyai etika tanggung jawab dia harus tanggap merespon konsumennya, karena ini menyangkut kredibilitas toko online nya juga, nah jika semakin konsumen merasa puas dengan service yang diberikan maka akan menguntungkan pada diri kita sendiri sebagai pengelola toko.

  Namun nyatanya, setelah lebih dari 5 hari saya mencoba konfirmasi ulang dan ternyata yang punya toko online tersebut tidak aktif nomornya. Saya merasa ditipu. Namun dari situ saya lebih berhati-hati dalam membeli barang online saya harus bertanya se-detail mungkin agar meyakinkan saya bahwa si penjual bertanggung jawab , tanggap dalam merespon, karena sangat berpengaruh terhadap kepuasan kita sebagai konsumen.

Dari pengalaman buruk saya itu, saya harap bagi anda yang baru ingin memulai bisnis online, maupun yang sudah menjalankan bisnis online harus mampu melakukan etika dalam bisnis online, dan jangan lupa untuk menunjukkan bukti pengiriman atau resi dari pihak jasa pengiriman tersebut, untuk lebih membuktikan bahwa anda benar -- benar sudah mengirimnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun