Mohon tunggu...
Mutiara Eria Hanifa
Mutiara Eria Hanifa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Halo, aku mahasiswa jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Bung Hatta kota Padang, Hal yang paling aku suka adalah liburan. Salam kenal ya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Cerita Seru Kegiatan Modul Nusantara PMM 4 di Tahura, Bandung

20 Februari 2024   22:05 Diperbarui: 21 Februari 2024   00:44 90
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : Dokumentasi Pribadi 

Hai, saya mau perkenalan dulu...

Nama saya Mutiara Eria Hanifa, biasanya dipanggil Aya. Saya seorang mahasiswa Universitas Bung Hatta, Padang. Saya jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Sekarang saya sedang mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 4. Alhamdullillah saya dapat merasakan kuliah di Universitas Pendidikan Indonesia, tepatnya saya bisa merasakan bagaimana suasana kota Bandung. 

Teman-teman tentunya sudah tidak asing lagi dengan kota Bandung. Bandung adalah kota terbesar ketiga di Indonesia dan ibu kota provinsi dari Jawa Barat. Kota ini terkenal dengan sebutan "Paris van Java" karena memiliki gaya arsitektur yang unik dan budaya yang kaya. Bandung juga dikenal sebagai pusat mode dan kreativitas, dengan banyak pusat perbelanjaan, kafe, galeri seni, dan acara budaya yang menarik. Selain itu, Bandung memiliki banyak destinasi wisata seperti Tangkuban Perahu, Kawah Putih, dan masih banyak destinasi lainnya.

Nah, teman-teman pasti juga sudah tau apa kegiatan yang paling ditunggu oleh teman-teman PMM. Yaps betul, Kegiatan Modul Nusatara. Modul Nusantara adalah program yang dicanangkan oleh Kemendikbud Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang warisan budaya mereka dan memperkuat rasa nasionalisme. Intinya kegaiatan Modul Nusantara ini menurut saya kegiatan jalan-jalan, refreshing, dan tentunya memiliki nilai edukasi.

Jadi kegiatan Modul Nusantara pertama kami dilakukan di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, Bandung, atau biasanya orang bandung bilang "Tahura". Ada apa aja sih yang ada di Tahura?

Ada banyak wisata menarik yang bisa kita kunjungi di Tahura seperti Goa Belanda, Goa Jepang, Monumen Ir.H. Juanda, Batu Batik, Curug Dago, Curug Lalay, Curug Omas, Tebing Keraton, dan Penangkaran Rusa. Tak hanya itu, di Tahura memilki banyak pohon pinus besar, dan masih banyak pohon lainnya yang saya tidak tahu pasti nama pohonnya. Dengan adanya pepohonan tersebut tentunya saya jadi merasa nyaman dan rileks selama melakukan perjalanan disana.

Di Tahura kami hanya mengunjungi beberapa objek wisatanya yaitu Goa Jepang, Goa Belanda, Penangakaran Rusa, dan Batu Batik.

Goa Jepang

Sumber: Dokumentasi Pribadi 
Sumber: Dokumentasi Pribadi 
Goa Jepang ini merupakan salah satu goa yang terkenal di Bandung yang ada di Tahura. Goa Jepang dibangun pada tahun 1942.

Begitu instalasi militer Hindia Belanda dikuasai seluruhnya maka tentara Jepang membangun jaringan goa tambahan untuk kepentingan pertahanan di Pakar, dimana letaknya tidak jauh dari Goa Belanda. Konon pembangunan Goa ini dilakukan oleh para tenaga kerja secara paksa yang pada saat itu disebut "romusa" atau "nala karta". Goa tambahan ini yang terdapat di daerah perbukitan Pakar tepatnya berada dalam wilayah Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda mempunyai 4 pintu dan 2 saluran udara. Dilihat dari lokasi, dan bentuknya Goa ini diperkirakan berkaitan dengan kegiatan dan fungsi strategi kemiliteran. Lorong-lorong dan ruang-ruang yang terdapat pada Goa ini dapat dipergunakan sebagai markas , maupun tempat penyimpanan peralatan dan logistik. Selama pendudukan Jepang di Indonesia, daerah Pakar yang sekarang Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda dipergunakan untuk kepentingan militer dan tertutup untuk masyarakat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun