Mohon tunggu...
Mutiara Dwi
Mutiara Dwi Mohon Tunggu... Mahasiswa - EKW 58 IPB

Ekowisata angkatan 58 IPB University

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pentingnya Pendidikan bagi Seluruh Lapisan Masyarakat

30 Juli 2021   14:15 Diperbarui: 1 Agustus 2021   00:31 31 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingnya Pendidikan bagi Seluruh Lapisan Masyarakat
Gambar 1. Anak-anak sedang belajar Sumber: Edyutomo.com

Abstrak

Pendidikan dapat dilakukan dimana saja, kapan saja, oleh siapa saja. Pendidikan tidak mengenal umur, dari yang tua sampai yang muda. Pendidikan memberi kita pengetahuan tentang berbagai hal baru yang terjadi di dunia, memberi kita sudut pandang kehidupan yang tidak kita tahu sebelumnya. Seluruh lapisan masyarakat di Indonesia berhak mendapatkan sarana dan prasarana melaksanakan pendidikan dengan layak serta berhak mendapatkan ilmu dan pengetahuan yang sama rata. Dengan tersebarnya pendidikan yang merata bagi seluruh lapisan masyarakat. Maka, setiap individu yang belajar akan memiliki kreativitas, pengetahuan yang lebih luas, serta menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas. Banyak anak putus sekolah karna orang tuanya tidak mampu membiayai sekolah mereka. Apalagi dunia sedang ditimpa musibah Pandemi Covid-19 ini, membuat pemerintah harus mengatur kembali anggaran keuangannya untuk menangani masalah kesehatan masyarakat. Sehingga anggaran untuk pendidikan menjadi korbannya. Maka dari itu, masyarakat ikut berperan penting dalam memajukan kualitas pendidikan di Indonesia. Mari bersama-sama membangun pendidikan bermutu di Indonesia, kalau tidak sekarang kapan lagi, kalau bukan kita siapa lagi.

Kata kunci: Pendidikan, Masyarakat, Pemerintah, dan Pengetahuan.

1. Pendahuluan

Pendidikan merupakan salah satu peran penting dalam kemajuan bangsa Indonesia.

Pendidikan memiliki tujuan untuk membentuk serta mengembangkan potensi diri.

Pendidikan yang baik dan berkualitas tentu menjadi harapan bagi seluruh lapisan masyarakat, sampai saat ini program pendidikan di Indonesia sudah memadai untuk daerah perkotaan. Padahal potensi siswa-siswi di daerah terpencil atau tertinggal juga tidak kalah saing dengan daerah perkotaan, jika mereka mendapatkan fasilitas yang mendukung dan kesempatan untuk mengenyam pendidikan yang lebih baik mungkin akan terlihat bahwa sebenarnya masyarakat Indonesia memiliki potensi yang sama antar satu dengan lainnya. Pemerataan pendidikan yang dimaksud disini, yaitu memaksimalkan program serta anggaran yang sudah diberikan dari pemerintah pusat ke setiap badan pendidikan di daerah terpencil tersebut.

2.Rumusan Masalah

Lantas, seberapa pentingkah pendidikan yang merata bagi seluruh lapisan masyarakat khususnya daerah terpencil?

3.Pembahasan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN