Mohon tunggu...
Muthia Naila
Muthia Naila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S1 Universitas Airlangga

Saya merupakan Mahasiswa S1 Manajemen Universitas Airlangga

Selanjutnya

Tutup

Money

Loyalitas terhadap Toko atau Karyawan? Mana yang Lebih Disukai Konsumen?

16 Juni 2022   00:35 Diperbarui: 16 Juni 2022   08:55 186
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Pemenuhan kebutuhan pasti akan selalu dilakukan oleh manusia. Manusia pasti akan memilih untuk membeli produk yang memiliki kualitas bagus serta harga yang terjangkau. Namun, tak sedikit juga manusia yang lebih memilih untuk membeli produk di tempat yang memiliki pelayanan bagus. 

Apakah konsumen lebih memilih produk yang bagus dengan pelayanan standar tanpa memberikan pengalaman berbelanja yang baik? atau memilih untuk membeli produk yang biasa saja namun dengan pelayanan yang bagus dan dilayani layaknya artis papan atas?

Seorang pengusaha ataupun pemilik toko pasti akan mengeluarkan produk terbaiknya. Dari segi kualitas yang bagus atau harga yang terjangkau. Pengeluaran produk terbaik ini juga dapat menjadi salah satu faktor pelanggan untuk tetap membeli dari toko tersebut. 

Selain itu, juga dapat meningkatkan penjualan dari toko tersebut. Konsumen pun dapat memberikan rekomendasi kepada keluarga, teman sekitar, ataupun orang yang mengikutinya di sosial media dengan promosi gratis. Namun apakah dengan produk yang bagus dapat membuat konsumen terus berbelanja ditoko?

Memberikan pengalaman pembelian terhadap konsumen merupakan hal yang seharusnya dilakukan oleh setiap karyawan toko. Semua konsumen pasti akan sangat senang jika di layani bak selebriti yang dimana kebutuhan dapat terpenuhi dengan adanya bantuan dari pelayan. 

Tak hanya dengan produk bagus saja tetapi juga dengan pelayanan yang diberikan oleh toko juga menjadi faktor mengapa konsumen terus berbelanja di toko tersebut. Dengan pelayanan yang terbaik dapat meberikan kesenangan terhadap pembeli. Hal ini dapat meningkatkan penjualan yang sangat signifikan terhadap toko.

Pelayanan yang buruk juga dapat memberikan efek yang besar bagi toko. Konsumen dapat memberikan penilaiannya dalam media sosial ataupun platform besar seperti google. Ini dapat memberikan jejak digital yang buruk bagi toko sehingga pelanggan lain dapat mengurungkan niatnya untuk berkunjung di toko tersebut.

Produk serta pelayanan yang bagus keduanya merupakan faktor yang sangat penting dalam meningkatkan penjualan. Keduanya dapat menghasilkan hubungan jangka panjang terhadap konsumen yang nantinya akan meningkatkan loyalitas konsumen. 

Hal ini juga dapat memberikan brand awareness terhadap masyarakat yang telah dilakukan oleh pelanggan tetap dengan merekomendasikannya kepada orang disekitarnya. Hal yang tepat dilakukan oleh pemilik ataupun manager toko adalah dengan mempertahankan kualitas produk dan juga melatih karyawan bagaimana cara melayani serta memberikan solusi terhadap kebutuhan konsumen dengan baik dan benar. 

Penulis: Muthia Naila Putri Dharmawan

Mahasiswa Semester 2 Universitas Airlangga

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun