Mohon tunggu...
Abdul Ya
Abdul Ya Mohon Tunggu... Siluman

Belajar

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Seni Aquascape, Hobi yang Ngetren Selama Pandemi

18 Juli 2020   08:54 Diperbarui: 18 Juli 2020   09:29 209 23 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Seni Aquascape, Hobi yang Ngetren Selama Pandemi
Megatank irfan hakim - Dok. Aquagraphy

Pandemi yang melanda muka bumi selama beberapa bulan sudah membuat banyak sekali manusia merasa ketakutan dan stress. Nampaknya di bulan yang ke-empat sejak virus menyebalkan itu datang ke sini, para manusia di Indonesia sudah mulai bosan.

Meskipun pemberitaan penyebaran virus itu masih tak henti-henti tayang di televisi, dan kasus positif yang bahkan semakin banyak bertambah setiap hari, rasa ketakutan itu sudah mulai menghilang.

Saya masih ingat betapa sangat takut dan cemas tergambar di raut wajah seorang teman saya ketika awal-awal virus itu ramai diberitakan. Bahkan saat itu untuk keluar rumah pun dia sangat ragu. Tapi kini, dia malah asyik bermain sepeda kesana-kemari. Dia bilang, "Inyong Bosan! Capek ngikutin berita virus mulu!"

Rasa stress selama masa pandemi ini memang membuat banyak manusia merasa tidak nyaman. Untuk terlepas dari tekanan stres ini, mereka melakukan berbagai macam hobi agar pikiran fresh lagi.

Sumber: @Powi
Sumber: @Powi

Tidak heran jika selama masa pandemi ini banyak hobi-hobi baru yang bermunculan. Ada yang tiba-tiba jadi hobi nulis di Kompasiana, hobi berkebun, hobi rebahan, hobi bikin video dance aku suka bodi goyang mamah muda di tiktok, dan terakhir, yang paling ngetren adalah hobi bersepeda dengan arrowgun.

Tapi ada lho, hobi selama pandemi yang tidak kalah ngetren dan viral dengan hobi bersepeda. Hobi apakah itu? Ya! Hobi membangun dan merawat Aquascape

Aquascape atau seni membangun sebuah ekosistem alam dalam tank kaca ini agaknya semakin bersinar selama masa pandemi. Tidak percaya?

Silahkan buktikan dengan bertanya kepada penjual ikan dan tanaman air di dekat rumah, pasti akan didapati bahwa omset penjualan mereka meningkat tajam selama beberapa bulan ini (Saya sudah bertanya ke tiga toko aquascape dan toko online, katanya emang lagi naik jualan mereka).

Keindahan dan kesejukan yang dirasakan ketika memandang aquarium dengan tanaman dan ikan-ikan warna warni berenang, seolah seperti 'wabah' yang secara cepat menjalar diminati oleh masyarakat Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN