Mohon tunggu...
Musfiq Fadhil
Musfiq Fadhil Mohon Tunggu... Kuli

Hi, panggil saya Abdul, saja. | Alumni S1 Kesehatan Masyarakat (K3) UNNES | Seorang Pemikir yang setiap hari memikirkanmu.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Panduan Sungkeman Hari Lebaran 2020

24 Mei 2020   02:35 Diperbarui: 24 Mei 2020   02:48 168 45 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Panduan Sungkeman Hari Lebaran 2020
Pakde sungkem dengan Alm. Ibundanya (Instagram Jokowi)

Adek mau duit THR? Sini sungkem dulu sama simbah!

Tentang Sungkem

Sungkem adalah kegiatan meletakkan tubuh dengan membiarkan kedua lutut kaki menjadi tumpuan berat tubuh.

Sungkem dilakukan oleh seseorang yang ingin menunjukkan rasa bakti dan hormat kepada kedua orang tua, atau kepada orang yang sengaja di-tua-kan.

Orang yang Sungkem berada di lantai, sementara orang yang disungkemi duduk di kursi atau tempat yang lebih tinggi dari posisi orang yang sungkem.

Sedangkan Sungkeman, adalah prosesi ketika ada seseorang melakukan sungkem di hadapan orang yang disungkemi pada momen-momen istimewa istimewa.

Umumnya ada dua momen melakukan sungkeman yaitu, ketika momen pernikahan, dan momen hari lebaran.

Berhubung saya belum pernah mengalami pernikahan karena masih kelangan mantan, jadi dalam artikel ini, akan saya fokuskan ke pembahasan tentang Sungkeman momen lebaran saja.

Panduan Cara Melakukan Sungkeman lebaran 2020

Sungkem di hari lebaran itu tujuan utamanya adalah menghormati orang yang kita sungkemi, dengan cara mengucapkan permintaan maaf atas kesalahan yang pernah kita lakukan. 

Kalau anda termasuk orang yang sombong, sehingga merasa tidak pernah berbuat kesalahan, ya tidak perlu repot-repot melakukan sungkem, "sungkeman cuma basa-basi saja kok".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN