Mohon tunggu...
Abdul Ya
Abdul Ya Mohon Tunggu... Siluman

Belajar

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Ramadan Ke-17, Solidaritas Kaum Muhajirin Anshar dan Film Perjuangan Nabi

10 Mei 2020   01:01 Diperbarui: 10 Mei 2020   01:00 199 30 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ramadan Ke-17, Solidaritas Kaum Muhajirin Anshar dan Film Perjuangan Nabi
Gambar oleh Gerd Altmann dari pixabay

[Dibuang Sayang] Artikel ini selesai mefet sekali, 9 mei pukul 23:55Akibat gugup, terjadilah Keteledoran lupa ngasih label samber thr. Kemudian saya panik sampai-sampai langsung hapus artikel yang sudah terposting biar bisa posting ulang dg artikel yg sudah berlabel. Eh lupa kalau kompasiana gak bisa posting beruntun kurang dari 1 jam. Jadilah telat ikut event hari 13. Daripada mubazir, posting aja lah walau gak dinilai. huhu.. 

***

Assalamualaikum wr. wb.

Malam 17 Ramadan

Alhamdulillah, kita telah menunaikan puasa ke-16 dengan lancar di Bulan Ramadan 1441 H. Malam ini kita sudah memasuki malam ke-17 ramadan. Dalam tulisan ini, izinkan saya untuk mengingatkan  kembali untuk meningkatkan iman dan takwa kita kepada Allah SWT. Sebagai hamba,  Mari bersama-sama berjuang dalam perjalanan hidup kita mengabdi kepada Allah SWT dengan menjalankan segala Perintah-Nya serta menjauhi segala larangannya. 

Malam ramadan ke-17 adalah malam yang istimewa. Malam ini adalah malam yang bersejarah dan sangat penting bagi umat muslim. Malam 17 ramadan adalah peristiwa penting Nuzulul Quran. Peristiwa dimana AL Quran, Kitab suci yang menjadi pedoman hidup kita turun untuk pertama kalinya kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril. Ayar pertama yang turun adalah perintah untuk membaca. Iqra!

Sudahkan anda membaca Quran hari ini?

Peristiwa Nuzulul Quran juga erat kaitannya dengan terjadinya malam lailatul qadar, malam seribu bulan. Malam dimana setiap ibadah dan amalan yang kita lakukan dengan tulus dan ikhlas mengharap ridho Allah memiliki nilai pahala sama halnya kita beribadah dan beramal selama kurun waktu seribu bulan lamanya. Dalam Surat Al-Qadr Ayat 1-5, Allah menggambarkan betapa istimewanya malam nuzulul quran dan lailatul qadar dengan firman:

Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam qadar. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.

Sungguh, kita sepatutnya berbahagia di malam ini. Marilah kita menyambut malam nuzulul quran dan berharap mendapatkan lailatul qadar di malam ini dengan memperbanyak membaca alquran, melakukan sholat malam, dan berdzikir kepada Allah SWT. 

Solidaritas Kaum Muhajirin dan Anshar

Betapa indahnya jika kita bisa menguatkan rasa persatuan dan solidaritas antar umat di masa-masa yang sulit ini. Salah satu contoh nyata keindahan rasa persatuan dan solidaritas ini dapat kita dapatkan dengan mengingat kembali kehidupan harmonis antara kaum muhajirin dan kaum anshar pada masa dakwah rasulullah yang sulit.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x