Mohon tunggu...
Mustofa
Mustofa Mohon Tunggu... Pelajar/Mahasiswa yang ingin berbagi

Semangat untuk menebar kebaikan

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Mahasiswa UNDIP Memberikan Edukasi Sekaligus Berbagi Hand Sanitizer Ekstrak Daun Kemangi

11 Agustus 2020   14:42 Diperbarui: 11 Agustus 2020   15:10 12 0 0 Mohon Tunggu...

Adanya pandemi sekarang ini tidak menghentikan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNDIP Tim II periode 2019/2020. Kegiatan KKN tetap berlangsung dengan menerjukan mahasiswa di daerah masing-masing dengan tema "Pemberdayaan Mayarakat di Tengah Pandemi Covid-19 berbasis Suistainble Develompment Goals (SDGs)" dan mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah daerah setempat.  

Kasus Covid-19 di Kota Surakarta mengalami peningkatan beberapa hari terakhir ini. Peningkatan tersebut disebabkan oleh kurangnya kesadaran pola hidup sehat dan bersih. Hal ini harus ditindaklanjut dengan berbagai pencegahan penyebaran Covid-19, seperti penerapan social distancing, pemakaian masker dan mencuci tangan. Salah satu organ tubuh yang dapat menjadi sumber penyebaran virus ini adalah tangan, maka perlu menjaga kebersihan tangan dengan cara mencuci tangan maupun menggunakan hand sanitizer.

Permasalahan yang ada ini dimanfaatkan oleh salah satu mahasiswa KKN UNDIP Tim II yang bernama Mustofa dengan berbagi hand sanitizer ekstrak daun kemangi sekaligus edukasi cara pembuatannya di RT.02/08 Kelurahan Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon, Surakarta. Pembagian hand sanitizer dilakukan secara door to door dan pembagian ini ditujukan kepada orang yang sering melakukan kegiatan di luar rumah. Tidak hanya berbagi, namun juga memberikan leaflet edukasi pembuatan hand sanitizer ekstrak daun kemangi sehingga masyarakat dapat membuat secara mandiri tanpa harus membelinya.

Hand Sanitizer yang dibuat merujuk pada formula WHO dan ada penambahan ekstrak daun kemangi yang berfungsi sebagai antibakteri dan pengharum bau hand sanitizer. 

Melalui KKN dan kegiatan ini, diharapkan masyarakat sadar akan kebersihan diri terutama pada tangan. Masyarakat juga dapat membuat hand sanitizer secara mandiri tanpa harus membeli.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x