Mohon tunggu...
Yuliamustix
Yuliamustix Mohon Tunggu... Mahasiswa - tahukah kamu, bunga matahari melambangkan apa?

baru bagian awal menjadi penulis hebat, cakeeepp... xixi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mahasiswa UNISA Yogyakarta Memanfaatkan Medsos Sebagai Proses Belajar Selama Pandemi

26 Januari 2022   20:52 Diperbarui: 26 Januari 2022   21:48 48 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
(penulis) Mahasiswi mengikuti kelas daring dari Aceh

Dalam jaringan atau disebut juga dengan daring merupakan metode pembelajaran yang banyak dipakai dosen Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) saat ini. Metode ini mulai sering digunakan yaitu pada 2019 akhir tepat pada awal mula pandemi Covid-19, metode belajar daring masih berlangsung hingga  saat ini. kebijakan pemerintah DIY untuk memberantas peyebaran covid-19 untuk tetap optimis mengadakan pembelajaran dari rumah merupakan kebijakan yang bagus, hal tersebut juga sekaligus memanfaatkan kecanggihan teknologi seperti smartphone dan laptop.

Metode belajar daring atau secara online yang diberikan kepada mahasiswa UNISA Yogyakarta berupa aplikasi Google Classroom, Google Meet, Zoom, Discord, e-learning kampus, atau Whatsapp Group. Hal ini dapat dilakukan karena semua pihak antara dosen dan mahasiswa sepakat untuk melakukan segala cara agar pembelajaran di masa pandemi tetap berlangsung dengan aktif dan meriah. Banyak yang menganggap cara daring yang diadakan selama pandemi sama sekali tidak efektif dalam proses pembelajaran berlangsung. Sebenarnya hal tersebut tidaklah 100% benar, kegiatan daring dapat ditoleransi antara dosen dan mahasiswa seperti beberapa mahasiswa yang terkendala sinyal dalam proses kegiatan belajar dan hal lainnya yang membuat proses mengajar terganggu. Keadaan ini menyeru mahasiswa untuk selalu mempersiapkan perangkat yang memadai dan aplikasi pembelajaran daring. Serta harus meningkatkan persiapan mental seperti beradaptasi dengan lingkungannya, mandiri, tangguh, dan bertanggung jawab adalah upaya untuk mencapai hasil pembelajaran yang maksimal di masa pandemi yang berkelanjutan.

Mahasiswa UNISA Yogyakarta juga menggunakan akun pribadinya seperti melalui Instagram untuk mengupload tugas poster yang mahasiwa buat sebagai bentuk proses pembelajaran di beberapa mata kuliah. Pada media sosial Whatsapp terbentuk berbagai grup kelas yang terdiri mahasiswa dan dosen pengampu mata kuliah yang digunakan sebagai pertukaran informasi kegiatan belajar saat pandemi. 

UNISA SwaMahasiswa – BPTSI Unisa Yogyakarta 
UNISA SwaMahasiswa – BPTSI Unisa Yogyakarta 
Selain itu, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta  juga menyediakan aplikasi SwaMahasiswa smartphone yang digunakan untuk absensi perkuliahan mahasiswa kapan dan dimanapun untuk menunjang pembelajaran yang inovatif, efektif dan efisien.

Demikian perkembangan zaman dengan canggihnya teknologi di sekitar kita. Sekarang adalah saatnya untuk menggunakan teknologi tersebut dengan bijak. Media yang kita gunakan tidak semata hanya untuk mengakses hiburan, akan tetapi dari adanya teknologi canggih berupa internet kita bisa mencari wawasan yang lebih luas untuk mengoptimalkan pembelajaran daring di masa pandemi.

“Gunakanlah internet dengan bijak ya, salam mahasiswa

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan